Dampak Buruk Kerja Shift Malam Bagi Seorang Wanita

bahaya wanita kerja shift malam

InspirasiBersama.com – Kalau kita melihat ada banyak seorang wanita yang harus bekerja shift malam. Hal ini menjadi sebuah keharusan yang harus dilakukan karena tuntutan sebuah pekerjaan. Ada banyak jenis pekerjaan yang mengharuskan bekerja pada shift malam salah satu contohnya adalah profesi seorang tenaga kesehatan. Tahukah kita ternyata bekerja pada shift malam mempunyai dampak yang buruk bagi seorang wanita.

Bekerja pada malam hari memang dibilang sangat berat. Hal ini dikarenakan secara naluri manusia, malam hari merupakan waktu yang tepat untuk melakukan tidur. Maka tidak heran kita melihat mereka yang bekerja shift malam akan merasakan ngantuk yang berlebih. Mereka memiliki pola hidup yang berbeda karena disaat orang tidur mereka tetap bekerja, namun saat umumnya orang beraktifitas bekerja justru mereka akan tidur.

Baca Juga  Minum Air Timun Bisa Membantu Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Lantas apa dampak buruk bagi seorang wanita yang bekerja shift malam ?. Berdasarkan hasil studi yang dipublikasikan oleh jurnal Proceedings yang berasal dari National Academy of Sciences menyatakan bahwa seorang wanita yang bekerja shift malam lebih beresiko terhadap kesehatan otak dibandingkan dengan pekerja pria.

Kalau kita menelaah, maka mereka yang melakukan shift malam akan merubah siklus biologis manusia secara total dalam waktu 24 jam. Kondisi ini akan mempengaruhi efek sirkardian tubuh. Hasilnya para wanita yang bekerja shift malam akan mengalami resiko gangguan kognitif lebih tinggi dibandingkan dengan pria.

Baca Juga  Benarkah Sperma Bisa Digunakan Untuk Perawatan Wajah ?

Bukan hanya mengalami gangguan kognitif saja, para wanita yang bekerja shift malam juga menurunkan kesehatan mental mereka, kurang fokus, kontrol motorik menurun dan mengalami penurunan fungsi memori otak.

Ini menjadi sebuah dilema bagi mereka yang mempunyai kebiasaan kerja shift malam. Satu sisi mereka harus tetap bekerja demi menyambung hidup, namun pada sisi lain ada banyak resiko kesehatan yang akan mereka perolah akibat kebiasaan kerja shift malam.

Itulah dampak buruk seorang wanita yang kerja shift malam. Dalam kondisi ini mungkin yang terbaik bagi anda yang mengharuskan bekerja pada malam hari adalah melakukan istirahat yang cukup untuk menggantikan kurang tidur akibat shift malam. Selain itu olahraga secara teratur saat anda libur juga menjadi sangat efektif untuk bisa memulihkan kesehatan anda yang menurun.

Baca Juga  Sering Mengalami Stres Bisa Berpengaruh Buruk Bagi Kesehatan Rambut

Artikel Terkait : Manfaat Tidur Dengan Kondisi Lampu Gelap

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *