Dampak Buruk Jika Tubuh Kita Kekurangan Garam

header niko 728 x 90

kekurangan garam

InspirasiBersama.com – Anggapan kebanyakan orang tentang garam pasti akan mengarah pada penyakit hipertensi atau tekanan darah tinggi. Ini memang benar, terlalu banyak konsumsi garam akan berdampak buruk bagi kesehatan. Hal yang sama juga akan terjadi jika tubuh kita kekurangan asupan garam. Tubuh kita membutuhkan asupan garam yang cukup perharinya.

Ada banyak sekali manfaat garam dalam tubuh manusia. Salah satu manfaat yang terkenal dari garam adalah menjaga keseimbangan cairan tubuh. Keseimbangan cairan dalam tubuh sangatlah penting untuk menjaga kinerja organ tubuh dengan baik. Selain itu asupan cukup garam juga kerap digunakan oleh para atlet agar terhindar dari cidera atau kram saat latihan.

Baca Juga  Beberapa Manfaat Cranberry Bagi Keehatan Kulit dan Rambut

Coba kita nalar kenapa seorang atlet bisa sangat rentan untuk mengalami kram atau cidera ?. Hal ini disebabkan karena saat seorang atlet bermain, maka akan ada banyak cairan tubuh atau keringat yang keluar. Banyaknya cairan tubuh yang keluar akan membuat keseimbangan cairan tubuh tidak bagus sehingga memicu kram atau cidera. Untuk itu para atlet sangat membutuhkan cairan garam saat bermain agar terhindar dari cidera atau kram.

Mengingat pentingnya asupan garam bagi tubuh kita, maka para ahli sangat tidak emnyarankan untuk melakukan diet garam atau tidak konsumsi garam sam sekali. Model diet yang semacam ini sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh kita.

Baca Juga  Penggunaan KB Bisa Mengurangi Angka Kematian Ibu dan Bayi

Salah satu jenis penyakit yang disebabkan karena kekurangan dan kelebihan asupan garam adalah penyakit jantung. Kelebihan konsumsi garam juga berdampak pada kesehatan jantung. Begitu juga jika kekurangan asupan garam yang juga menimbulkan resiko penyakit jantung.

Diet pantang garam juga tidak dianjurkan bagi wanita yang hamil. Kita tahu bahwa garam juga mengandung banyak yodium yang sangat bagus bagi kesehatan hormon tiroid. Saat seorang ibu hamil mengalami kekurangan asupan yodium, maka akan mengganggu kinerja hormon tiroid yang sangat vital dalam mengatur metabolisme tubuh serta mampu meningkatkan kesehatan otak bayi.

Lantas berapa seharusnya kita konsumsi garam dalam sehari ?. Menurut para ahli gizi tubuh kita membutuhkan asupan garam yang cukup sekitar 2.000 miligram garam atau sekitar 1 sendok teh. Anda tidak boleh mengkonsumsi garam lebih dari 1 sendok teh.

Baca Juga  Manfaat Olahraga Bisa Meningkatkan Konsentrasi Belajar Anak

Itulah dampak buruk jika tubuh kita kekurangan garam. Konsumsilah garam secara bijak, jangan sampai tubuh kita kekurangan dan kelebihan garam karena akan berdampak pada kesehatan jantung kita.

Artikel Terkait : Apa Bahayanya Jika Sering Konsumsi Makanan Asin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *