Dampak Buruk Jika Menyikat Gigi Dengan Keras

header niko 728 x 90

menyikat gigi dengan keras

InspirasiBersama.com – Banyak diantara kita yang mempunyai anggapan bahwa dengan menyikat gigi dengan keras akan membuat gigi kita lebih bersih dan putih. Anggapan ini adalah salah. Justru dengan menyikat gigi dengan keras maka bisa berdampak buruk bagi kesehatan gigi kita.

Menurut para pakar kesehatan gigi, menyikat gigi dengan keras akan membuat masalah pada gigi yaitu abrasi. Abrasi merupakan kondisi hilangnya email gigi yang berfungsi melindungi gigi.

Apakah anda pernah mengalami gigi terasa ngilu ? Itulah akibat dari kalau kita kehilangan email gigi, ungkap seorang Ketua Uum Persatuan Dokter Gigi Indonesia yang bernama drg. Faricha Hanum, M.Kes.

Baca Juga  Tips Agar Terhindar Dari Serangan Jantung dan Stroke

Semua ini berawal dari kesalahan saat menyikat gigi dengan terlalu keras. Kalau sudah begini, maka gigi kita akan sangat sensitif terhadap minuman yang bersifat panas maupun dingin. Gigi yang sensitif terjadi karena terbukanya bagian dentin gigi.

Untuk itu para pakar kesehatan gigi sangat menyarankan untuk menyikat gigi dengan perlahan jangan terlalu keras. Selain itu sangat disarankan pula untuk memilih sikat gigi yang tidak mempunyai bulu yang keras, tetapi pilihlah yang lembut.

Saat anda menyikat gigi, lakukan menyikat secara menyeluruh ke semua bagian gigi mulai dari depan, samping, belakang dan jangan lupa pada bagian gigi geraham kita. Tidak disarankan pula melakukan sikat gigi dengan terlalu bersemangat dengan kekuatan yang yang lebih besar.

Baca Juga  Hilangkan Selulit Dengan Ramuan Yang Terbuat Dari 2 Bahan Dapur

Untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut, maka para pakar kesehatan gigi sangat menyarankan untuk rajin melakukan sikat gigi setidaknya dua kali dalam sehari. Lakukan menyikat gigi secara teratur pada pagi hari setelah kita sarapan dan malam hari sebelum kita tidur.

 

Dengan melakukan sikat gigi dengan teratur dua kali sehari sekaligus dengan teknik menyikat yang benar, maka dapat mencegah banyak masalah pada gigi dan mulut kita mulai dari gigi berlubang sampai pada masalah pada gusi. Selain itu jangan lupa untuk memperhatikan teknik menyikat gigi yang benar tidak boleh terlalu keras dan dengan sikat yang lembut.

Baca Juga  Apakah Aman Mengkonsumsi Ikan Setiap Hari ?

Itulah beberapa dampak buruk menyikat gigi dengan keras. Semoga dengan artikel ini kita semakin memperhatikan kesehatan gigi dan mulut kita.

Sumber : Kompas.com

Artikel Terkait : Bahayakah Jika Menggunakan Pasta Gigi Yang Mengandung Pemutih ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *