Dampak Buruk Duduk Lama Dalam Toilet

header niko 728 x 90

duduk lama dalam toilet

InspirasiBersama.com – Terkadang sering kita melakukan hal-hal yang seharusnya tidak dilakukan dalam toilet, namun kita lakukan. Hal ini membuat kita berada dalam toilet dalam waktu yang lama. Padahal seharusnya kamar mandi atau toilet hanya digunakan untuk buang air kecil, buang air besar dan mandi saja. Bukan untuk melakukan hal-hal yang seharusnya dilakukan diluar kamar mandi. Ternyata kebiasaan ini berdampak buruk bagi kita.

 
Kamar mandi atau toilet sebenarnya diciptakan seperti halnya kamar tidur. Kamar tidur merupakan tempat untuk kita istirahat atau berhubungan seks dengan pasangan saja. Begitu pula fungsi dibuatnya toilet.

Sering kita menjumpai seseorang yang sebenarnya belum terasa betul untuk melakukan buang air besar, namun mereka sudah memaksakan untuk masuk toilet. Padahal mereka mengaku tidak merasakan rasa mulas atau buang gas berlebih. Hasilnya membuat waktu kita lama terbuang dalam toilet menunggu BAB selesai. Padahal menurut para pakar kegiatan BAB harusnya dilakukan saat ada dorongan BAB saja dan bukan dipaksakan.

Baca Juga  Beberapa Fakta Tentang Kanker Paru

Baca Juga : Benarkah BAB Yang Tidak Teratur Menjadi Tanda Kalau Tubuh Tidak Sehat ?

 
Apabila kita sering melakukan kebiasaan seperti ini, maka akan berdampak buruk bagi kesehatan kita. Misalnya saat kita tidak begitu merasakan dorongan BAB, kita sudah masuk toilet. Yang terjadi adalah kita akan lama didalam toilet untuk sekedar mengejan menunggu BAB. Kebiasaan ini akan meningkatkan resiko hemoroid atau wasir.

Baca Juga  Apakah Kanker Prostat Bisa disebabkan Karena Adanya Riwayat Keluarga ?

Saat seseorang sering mengejan dengan keras saat didalam toilet, maka beresiko besar mengalami hemoroid atau wasir. Sering kita merasakan saat berlama-lama dalam BAB maka menyebabkan rasa yang panas bahkan sedikit nyeri pada anus yang disebabkan karena proses mengejan lama.

 
Menurut para pakar, seharusnya proses buang air besar tidak akan lebih dari 15 menit. Namun jika ternyata kita mempunyai kebiasaan BAB yang lebih dari 15 menit, maka kemungkinan kita mengalami masalah pada pencernaan kita.
Gangguan yang terjadi pada pencernaan bisa disebabkan karena faktor stres. Saat seseorang mengalami stres, maka peristiwa peristaltik pada usus akan menurun sehingga membuat proses pembuangan feses menjadi lambat dan cenderung padat.

Baca Juga  Kenali Beberapa Penyebab Utama Wanita Sulit Hamil

 
Namun stres bukan menjadi satu-satunya faktor yang menyebabkan gangguan pada pencernaan. Gangguan pencernaan juga bisa disebabkan karena kurangnya asupan serat dalam tubuh. Untuk mendapatkan serat yang cukup, maka banyak makan buah dan sayuran. Kebutuhan serat kita dalam sehari setidaknya mencapai 38 serat.

Artikel Terkait : Makanan Yang Efektif Mengatasi Sembelit

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *