Dampak Buruk Diabetes Bisa Memperpendek Usia Hingga 10 Tahun

header niko 728 x 90

InspirasiBersama.com – Meskipun tergolong penyakit yang berbahaya bagi kesehatan, buktinya banyak orang yang tak sadar kalau menderita penyakit ini. Bahkan angkanya mencapai 50 persen dari total penderita diabetes di seluruh dunia.

 

sumber gambar : http://obat-herbal-diabetes.com/

Deteksi dini merupakan hal yang sangat penting bagi diabetes. Dengan begitu, maka bisa menghindarkan resiko komplikasi yang bisa membahayakan kesehatan lebih serius.

Baca Juga : Kadar Gula Darah Yang Ideal Bagi Penderita Diabetes

Banyak orang yang menyebutkan kalau penyakit diabetes bagai ‘biang penyakit’ yang bisa menyebabkan berbagai penyakit komplikasi lain yang sangat berbahaya. Hal ini disebabkan karena kondisi meningkatnya kadar gula dalam darah yang berlangsung dalam waktu yang lama.

Baca Juga  Benarkah Seorang ‘Single Parent’ Lebih Beresiko Mengalami Serangan Jantung ?

Dengan resiko komplikasi yang sangat besar, maka membuat banyak penderita diabetes yang mempunyai umur lebih pendek. Terlebih sekarang ini banyak usia muda yang sudah menderita diabetes.

Dalam sebuah hasil studi yang dilakukan oleh para peneliti yang berasal dari Universitas Oxford dengan melibatkan 500.000 orang China yang menderita diebetes. Diketahui bahwa mereka yang terdiagnosa diabetes sebelum usia 50 tahun, maka akan memiliki umur yang lebih pendek 9 sampai 10 tahun.

Baca Juga  Manfaat Pedasnya Cabai Bagi Kesehatan Prostat

Meskipun demikian bukan berarti harapan hidup penderita diabetes lebih kecil. Hal ini bisa saja tidak terjadi jika penderita diabetes mampu merubah gaya hidup yang membuat kadar gula tetap terkontrol.

Menurunkan angka penderita diabetes di seluruh dunia bukanlah perkara yang mudah dilakukan. Pasalnya sekarang ini justru makin banyak beredar jenis makanan yang tergolong manis dan berlemak. Ini menjadi tantangan yang besar bagi pemangku kebijakan.

Baca Juga  Penuaan Dini Juga Bisa disebabkan Karena Terlalu Banyak Makan Daging Merah

Sumber : Kompas.com
Artikel Terkait : Hati-hati ! Banyak Orang Tak Sadar Menderita Diabetes

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *