Daftar Makanan Yang Bagus Untuk Kesehatan Mata

header niko 728 x 90

labu kuning

InspirasiBersama.com – Kebanyakan orang mengenal hanya wortel yang mempunyai manfaat besar bagi kesehatan mata. Padahal seandainya kita tahu, ada banyak deretan makanan yang bagus untuk kesehatan mata yang bisa kita konsumsi. Misalnya berbagai jenis sayuran.

 

Sebenarnya untuk membuat mata kita sehat, tidak hanya membutuhkan vitamin A saja. Ada beberapa jenis vitamin dan mineral lain yang juga berperan dalam menunjang kesehatan mata, diantaranya vitamin C, E , zinc, lutein dan asam lemak omega-3. Dengan kombinasi sumber vitamin dan mineral tersebut diharapkan mata kita terjaga akan kesehatannya.

 

Berikut beberapa daftar makanan yang bagus untuk kesehatan mata :

§  Labu kuning dan ubi

Jenis makanan pertama yang bagus untuk kesehatan mata adalah labu kuning dan ubi. Keduanya memiliki warna yang kuning yang artinya memiliki kandungan betakarotene yang banyak yang apabila masuk dalam tubuh kita akan dirubah menjadi vitamin A. Dengan sering konsumsi labu kuning dan ubi maka bisa mencegah kita akan penyakit mata rabun senja yang membuat kita melihat kurang jelas pada senja dan malam hari.

Baca Juga  Orang Yang Menderita Diabetes Akan Menurunkan Harapan Berumur Panjang

§  Bayam dan sayuran hijau lainnya

Bayam dan sayuran hijau lainnya memiliki banyak kandungan antioksidan yaitu lutein dan zeaxanthin yang sangat bagus untuk menangkal radikal bebas dari dalam tubuh kita. Ternyata berdasarkan sebuah hasil studi, antioksidan yang terdapat pada sayuran hijau bukan hanya bermanfaat untuk mencegah dan membunuh sel kanker saja, namun ternyata juga bisa menjaga kesehatan mata. Hal ini akan menghindarkan kita dari penyakit katarak dan penurunan daya penglihatan. Jenis sayuran hijau lain yang juga mempunyai manfaat yang sama seperti brokoli, kubis dan beberapa sayuran hijau lainnya.

§  Ikan tuna, salmon dan sarden

Jenis makanan seperti tuna, salmon dan sarden merupakan jenis makanan yang banyak mengandung asam lemak baik yaitu DHA. Dengan kandungan asam lemak DHA yang tinggi, maka akan menghindarkan kita dari penyakit mata yaitu mata kering. Selain itu cukup konsumsi asam lemak akan membuat kinerja mata kita semakin baik sehingga membuat daya penglihatan juga ikut baik. Konsumsilah ikan tuna, salmon atau sarden setidaknya seminggu dua kali untuk mendapatkan asupan asam lemak DHA.

Baca Juga  Suka Menyimpan Dompet di Saku Celana Bisa Menyebabkan Gangguan Saraf

§  Kepiting dan tiram

Jenis makanan yang satu ini kaya akan kandungan zinc. Tahukah kita bahwa kandungan zinc dalam makanan akan berdampak positif pada retina mata kita sehingga bisa berfungsi dengan optimal.

§  Jeruk, stroberi dan buah beri lainnya

Konsumsi jenis buah tersebut mampu memberikan asupan vitamin C yang cukup bagi tubuh kita. Selain bermanfaat untuk menjaga daya tahan tubuh, vitamin C juga bermanfaat dalam fungsi antioksidan yang menjaga mata kita terhindar dari penyakit katarak. Jika tidak bisa menemukan jeruk, stroberi dan beri, maka kita bisa menggantinya dengan buah pepaya yang lebih mudah untuk kita dapatkan.

§  Kacang almond

Konsumsi cukup kacang almond mampu memberikan asupan vitamin E yang cukup bagi tubuh kita. Dengan kandungan vitamin E yang cukup akan membuat kita terhindar dari degenerasi makula mata yang berdampak pada penurunan daya penglihatan mata. Selain kacang almond, kandungan vitamin E juga bisa kita jumpai pada biji bunga matahari atau kacang pecan.

§  Telur

Jenis makanan terakhir yang mempunyai manfaat bagus bagi kesehatan mata adalah telur. Makanan yang sangat mudah untuk kita dapatkan ini banyak mengandung zinc, lutein dan zeaxathin yang bermanfaat menghindarkan kita mengalami penurunan daya penglihatan.

Baca Juga  Pentingnya Mengkonsumsi Minuman Ion Saat Sahur

Untuk membuat mata kita sehat, maka seringlah konsumsi jenis makanan yang telah disebutkan diatas. Namun yang tidak kalah pentingnya juga adalah menerapkan pola hidup yang sehat seperti hindari merokok, hindari sering melihat sinar matahari secara langsung, jangan terlalu lama menggunakan gadget, nonton TV, serta duduk depan komputer. Dengan mengkombinasikan antara pola makan sehat dan pola hidup yang sehat, maka kita akan terhindar dari penyakit mata yang membuat daya penglihatan akan menurun.

Artikel Terkait : Cara Mencegah Glaukoma Dengan Konsumsi Sayuran Hijau

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *