Daftar Makanan Olahan Yang Sehat Menurut Ahli Gizi

header niko 728 x 90

minum yogurt

InspirasiBersama.com – Kebanyakan dari kita mempunyai anggapan miring terhadap semua jenis makanan olahan yang disimpan dalam suatu wadah. Kita menganggap kalau jenis makanan olahan memiliki nilai gizi yang lebih rendah bahkan sampai kandungan zat kimia yang terkandung di dalamnya. Namun ada daftar makanan olahan yang sehat menurut ahli gizi.

Tidak semua jenis makana  olahan mempunyai dampak buruk bagi kesehatan. Ada beberapa jenis makanan olahan yang mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan, diantaranya adalah :

1. Yogurt
Makanan olahan pertama yang bermanfaat bagi kesehatan kita adalah yogurt. Hal ini dikarenakan dalam minuman yogurt banyak mengandung protein, vitamin B12, kalsium dan sebagai sumber probiotik yang sangat baik bagi kesehatan tubuh kita. Namun menurut para ahli yang perlu diperhatikan adalah memilih jenis yogurt yang sedikit kandungan gula atau kurang dari 12 gram.

2. Sayuran dibekukan

Jangan ragu saat kita membeli sayuran yang dibekukan. Karena menurut seorang ahli diet yang bernama Lisa Hayim mengatakan sayuran yang dibekukan masih mengandung banyak nutrisi. Bahkan Lisa mengatakan kandungan nutrisinya bisa lebih tinggi dibandingkan dengan sayuran segar.

3. Saus tomat

Banyaknya saus tomat yang berbahan dasar limbah sayuran membuat kebanyakan orang menganggap miring tentang saus tomat. Namun jika saus tomat benar-benar terbuat dari bahan dasar tomat segar maka ada banyak manfaat bagi kesehatan. Salah satu manfaatnya adalah saus tomat banyak mengandung likopen dibandingkan dengan hanya tomat segar. Kita tahu bahwa likopen sangat baik dalam melawan sel kanker dalam tubuh kita.

Baca Juga  Angka Kerusakan Gigi Pada Anak Terus Meningkat

4. Fermentasi kubis

Jenis makanan olahan selanjutnya adalah fermentasi kubis. Biasanya kita mengenal dengan istilah Sauerkraurt. Jenis makanan olahan ini berasal dari Jerman. Menurut para ahli, jenis makanan olahan ini mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan karena banyak mengandung serat, vitamin A dan vitamin C. Bahkan dalam sebuah hasil penelitian, konsumsi sauerkraurt bisa mencegah terhadap timbulnya sel kanker payudara.

5. Kacang kalengan

Ternyata kacang kalengan yang sering kita jumpai masih aman bagi kesehatan kita. Berdasarkan pendapat pada ahli, dalam kacang kalengan masih menyimpan banyak zat yang sangat baik bagi kesehatan kita diantaranyta zat besi, protein nabati, serat larut, dan pati resisten. Namun yang diperhatikan pilihlah jenis kacang olahan yang rendah kandungan sodium.

6. Granola

Bagi anda yang menyukai granola, maka jangan khawatir karena jenis makanan olahan ini aman bagi kesehatan. Granola ternyata banyak mengandung protein dan serat. Biasanya orang mengkonsumsi granola untuk digunakan sarapan pagi. Namun sekali lagi yang perlu diperhatikan saat membeli granola adalah perhatikan kandungan gula, yang baik adalah kurang dari 10 gram dalam setiap takaran.

7. Burger vegetarian

Saat kita mendengar burger, pasti anggapan kita langsung pada makanan junkfood. Tetapi untuk jenis burger vegetarian menurut para ahli masih mengandung banyak manfaat bagi kesehatan seperti protein dan nutrisi lain yang dibutuhkan oleh tubuh kita.

Baca Juga  Waspadai Katarak Jika Penglihatan Masih Kabur Meskipun Sudah Pakai Kacamata

8. Susu almond

Jenis olahan susu yang masih banyak mengandung manfaat bagi kesehatan kita adalah susu almond. Jenis susu ini sangat cocok bagi anda yang mempunyai masalah pada pencernaan. Untuk memilih jenis susu almond yang baik, maka pilihlah yang bebas dari karagenan.

9. Selai organik

Jenis makanan olahan selanjutnya yang masih mengandung banyak nutrisi adalah selai organik. Anda bisa mengkonsumsi selai organik saat sarapan pagi menggunakan roti yang dioleskan selai organik. Selai organik banyak mengandung antioksidan dan fitonutrien yang sangat baik untuk melawan penyakit dalam tubuh kita.

11. Pizza beku
Saat anda membeli pizza, maka usahakan memilih jenis pizza beku. Hal ini dikarenakan dalam pizza beku masih banyak mengandung manfaat bagi kesehatan kita seperti keju, saus tomat yang banyak mengandung kalsium danm likopen sebagai bahan antioksidan tubuh. Sangat disarankan untuk menghindari pizza dengan daging olahan. Anda bisa menggantinya dengan sayuran hijau dan  keju.

12. Buah-buahan kering
Banyak diantara kita yang menganggap buah olahan memiliki kandungan gizi yang rendah karena melalui proses pengeringan. Namun ternyata anggapan kita salah. Menurut seorang ahli gizi yang bernama Palinski mengatakan makanan yang dikeringkan masih mengandung banyak nutrisi yang tidak hilang seperti halnya buah segar.

13. Asinan
Jenis makanan olahan selanjutnya yang sehat menurut ahli gizi adalah jenis makanan asinan. Dalam pengolahan makanan asinan menggunakan sistem fermentasi yang bisa bermanfaat meningkatkan kekebalan tubuh dan sangat bagus bagi kesehatan usus kita.

Baca Juga  Merokok Dapat Memperburuk Kondisi Diabetes

14. cokelat hitam
Cokelat hitam menjadi pilihan selanjutnya untuk jenis makanan olahan yang sehat. Hal ini dikarenakan dalam cokelat hitam banyak mengandung flavonoid yang berfungsi sebagai zat antioksidan. Selain itu konsumsi cokelat hitam juga terbukti mampu meningkatkan suasana hati kita menjadi lebih baik. Hal ini dikarenakan konsumsi cikelat hitam mampu meningkatkan serotonin dalam tubuh kita.

15. Selai kacang
Jenis makanan olahan terakhir yang sehat menurut para ahli gizi adalah selai kacang. Untuk mengkonsumsi selai kacang anda bisa memakannya dengan menggunakan roti. Selai kacang banyak mengandung serat dan lemak tak jenuh nabati yang bermanfaat bagi tubuh kita. Namun para ahli menyarankan kepada kita untuk jeli saat membeli kemasan selai kacang. Pilihlah jenis selai kacang yang tidak mengandung tambahan gula dan sirup jagung yang beresiko menimbulkan kanker dalam tubuh kita.
Sumber : Kompas.com

Artikel Terkait : 5 Fakta Tentang Antioksidan Yang Sangat Bermanfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *