Cukup Dengan Banyak Bersyukur Jantung Menjadi Lebih Sehat

header niko 728 x 90

manfaat bersyukur

Pada artikel kali ini inspirasibersama.com akan membagikan tips cara mudah menyehatkan jantung hanya dengan bersyukur. Berdasarkan sebuah penelitian baru-baru ini telah diungkap bahwa rasa bersyukur akan bisa membuat hati menjadi lebih sehat.

Apabila kita mencoba untuk bersyukur memang benar hati kita menjadi tenang, nyaman sehingga hal ini bisa membuat hati kita menjadi sehat. Menurut salah seorang Profesor Kedokteran dari University of California San Diego School of Medicine yang bernama Paul Mills mengatakan bahwa sikap bersyukur dan mental yang positif akan bisa mengurangi tingkat depresi atau kecemasan seseorang sehingga bisa menurunkan angka resiko terkena penyakit jantung. Penelitian ini sudah dilakukan sang profesor selama bertahun-tahun.

Penelitian ini telah melibatkan 186 pria dan wanita yang berusia 66 tahun. Penelitian ini sengaja mengambil sampel orang-orang yang berusia lanjut karena dianggap lebih banyak mengalami masalah hidup dan pahit manis kehidupan.

Para sampel diminta untuk mengisi kuesioner yang telah dibagikan untuk mengukur rasa syukur seseorang terhadap kehidupan yang telah mereka jalani. Hasilnya adalah setelah dilakukan analisa terhadap darah, inflamasi, penumpukan plak pada darah, ternyata mereka yang selama hidupnya lebih banyak bersyukur memiliki tingkat lebih rendah terhadap plak pada darah, inflamasi, tekanan darah dibandingkan dengan mereka yang tidak / kurang bersyukur terhadap kehidupannya. Mnurut Mills tingkat inflamasi yang rendah menjadi tolak ukur kesehatan jantung seseorang.

Tidak berhenti sampai situ saja, Mills melakukan penelitian lanjutan kepada 40 orang penderita penyakit jantung. Setelah itu mereka diminta untuk setiap hari menulis tentang apa yang dia syukuri setiap harinya dan ini berlangsung selama 1 minggu.

Banyak dari para penderita yang menulis mereka senang mempunyai anak, cucu, pasangan hidup maupun harta benda yang mereka miliki. Setelah itu Mills melakukan pengkajian ulang terhadap 40 pasien penderita jantung tadi. Hasilnya adalah mereka yang rajin menulis tentang hal-hal yang mereka miliki dan merasa senang atau bersykur membuat tingkat peradangan pada jantung dan irama jantung menjadi lebih baik.

Dengan kita membaca artikel ini alangkah baiknya kita selalu berusaha untuk membiasakan diri kita banyak bersyukur. Dengan kita banyak bersyukur maka akan membuat suasana hati kita menjadi lebih tenang, nyaman dan membuat jantung kita semakin sehat. Janganlah kita berfikir tentang apa yang tidak kita punyai, tetapi berfikirlah tentang apa yang sudah anda punyai sekarang. Dengan demikian kita akan bisa bersyukur.

Sumber : Kompas.com

Artikel Terkait : Kopi Aman Bagi jantung

Baca Juga  Pengen Tahu Resiko Hamil Usia 35 Tahun ke Atas ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *