Cara Unik Menghentikan Nafsu Makan Berlebihan

header niko 728 x 90

manfaat olahraga untuk menahan lapar

InspirasiBersama.com – Bagi sebagian orang, mempunyai nafsu makan besar menjadi masalah serius yang bisa menyebabkan obesitas. Biasanya mereka mengaku banyak melakukan ngemil sehingga memicu peningkatan berat badan. Kebiasaan ngemil sendiri bisa disebabkan karena banyak melakukan berpikir sehingga membuat banyak energi terbuang sehingga meningkatkan nafsu makan. Untuk menghentikan kebiasaan nafsu makan yang berlebihan, anda bisa coba cara unik berikut.

Tahukah kita berdasarkan sebuah hasil penelitian mengatakan bahwa olahraga merupakan cara yang mudah untuk kita lakukan demi meredam nafsu makan yang besar. Apakah benar demikian ? pasalnya olahraga juga akan membuat kita banyak mengeluarkan energi yang mendorong kita untuk mengasup banyak makanan.

Hasil dari sebuah penelitian ini telah dipublikasikan dalam sebuah jurnal yang bernama Medicine and Science in Sport and Exercise. Hasil dari studi tersebut juga menemukan bahwa mereka yang melakukan olahraga justru akan merasa kurang lapar. Kondisi ini disebabkan karena pengaruh perubahan hormon yang berperan pada rasa lapar.

Baca Juga  Tips Mengatasi Kesepian Dengan Beberapa Kegiatan

Dalam studi tersebut juga menemukan bahwa, seseorang yang melakukan olahraga setelah bekerja ternyata terbukti hanya makan dalam jumlah yang lebih sedikit dibandingkan dengan mereka yang tidak berolahraga.

Baca Juga : Tips Aman Makan Setelah Olahraga

Untuk membuktikan hal ini, para peneliti telah melakukan penelitian kepada 38 mahasiswa yang saat itu sedang menjalani ujian. Dalam sela-sela ujian tersebut, para mahasiswa diberikan waktu 15 menit untuk istirahat yang dimanfaatkan untuk melakukan treadmill. Setelah melakukan kegiatan tersebut, maka para peneliti akan mengamati jumlah makanan yang mereka konsumsi.

Baca Juga  Penyebab Rasa Kesepian Yang Meningkat Pada Malam Hari

Dari pengamatan tersebut didapatkan bahwa mahasiswa yang melakukan ujian namun tidak melakukan olahraga saat istirahat, ternyata mengkonsumsi makanan 100 kalori lebih banyak dibandingkan dengan mahasiswa yang melakukan olahraga. Para peneliti menyimpulkan bahwa, ternyata kegiatan ujian atau berpikir akan banyak menguras energi seseorang sehingga mendorong mereka untuk banyak makan, dibandingkan dengan seseorang yang hanya melakukan banyak aktivitas fisik.

Penelitian ini dilakukan oleh William H. Neumeirer yang berasal dari Universitas Alabama yang berada di Birmingham. Para peneliti akhirnya menyimpulkan kalau olahraga mampu membuat seseorang tidak makan secara berlebihan.

Namun disini para peneliti belum mengetahui alasan secara pasti mengapa olahraga bisa membuat seseorang mampu menahan rasa lapar sehingga tidak makan secara berlebihan. Para ahli hanya memprediksi kalau hal ini disebabkan karena faktor hormon ghrelin yang bisa menahan seseorang terhadap rasa lapar. Perlu adanya studi lebih lanjut untuk membuktikan hal ini.

Baca Juga  Bingung Karena Sering Terasa Nyeri Saat Bangun Tidur ? Ini Penjelasan Ilmiahnya

Jadi kesimpulannya adalah cara unik untuk menghentikan nafsu makan berlebih adalah dengan melakukan olahraga. Jadi jika anda sedang melakukan diet, penting sekali untuk rutin melakukan olahraga.

Artikel Terkait : Kebiasaan Suka Ngemil Bisa Disebabkan Karena Kurang Tidur

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *