Cara Mudah Mencegah HIV Dengan Rumus TTM

header niko 728 x 90

InspirasiBersama.com – Mendengar istilah TTM, pasti anda akan berpikir Teman Tapi Mesra. Tetapi TTM yang dimaksud disini adalah upaya untuk mencegah penyakit HIV dengan mudah. TTM merupakan kepanjangan dari Tahan diri, Tetap setia dan Main aman.

Artinya adalah langkah pertama untuk mencegah penularan penyakit HIV adalah dengan menahan untuk tidak melakukan hubungan seks sebelum nikah. Langkah yang kedua adalah dengan tetap setia terhadap pasangan, artinya tidak gonta-ganti pasangan. Tips yang ketiga adalah main aman saat melakukan hubungan seks dengan menggunakan kondom.

sumber gambar : http://halosehat.com/

Pendidikan seks saat ini sangatlah penting terlebih bagi para remaja agar bisa melakukan pacaran dengan sehat tanpa terjerumus melakukan hubungan seks.

Baca Juga  Khasiat Makan Pare Bagi Penderita Diabetes

Oleh karena itu para pakar kesehatan sangat menyarankan untuk memberikan pendidikan kesehatan reproduksi sejak usia dini. Kalau baru diberikan sejak SMA, itu terbilang terlambat.

Baca Juga : Bagaimana Sikap Orang Tua Jika Mendapati Anaknya Pacaran

Bahkan menurut seorang pakar psikolog mengatakan bahwa pemberian pendidikan reproduksi yang diberikan pada usia anak SMP juga terbilang terlambat. Seharusnya pendidikan reproduksi sudah diberikan sejak usia 9 tahun atau SD. Kita tahu bahwa usia tersebut merupakan usia dimana banyak anak mulai mengalami menstruasi.

Baca Juga  Penyebab Penurunan Berat Badan Secara Drastis Bagi Penderita Diabetes

Disamping itu diharapkan kepada para orang tua juga bisa memberikan pengetahuan reproduksi kepada anak mereka. Sebaiknya para orang tua juga terus mengikuti perkembangan informasi tentang kesehatan reproduksi agar lebih terampil dalam memberikan informasi dengan menggunakan kata yang lebih mudah dipahami.

Dengan pemberian pendidikan reproduksi dan seks yang dikombinasikan dengan peran orang tua di rumah, maka diharapkan bisa menekan angka penyakit pengidap HIV di Indonesia. Kita tahu bahwa saat ini penderita HIV di Indonesia sudah mencapai 208.920 jiwa berdasarkan data Kementerian Kesehatan pada tahun 2016.

Baca Juga  Cara Mengenali Gejala Penyakit Hidrosefalus Pada Bayi

Artikel Terkait : Alasan Remaja Beresiko Besar Tertular HIV

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *