Cara Menstimulasi Anak Agar Tidak Mengalami Keterlambatan Bicara

header niko 728 x 90

InspirasiBersama.com – Banyak orang tua yang belum tahu kalau gangguan keterlambatan bicara pada anak bisa disebabkan karena kurangnya aktivitas komunikasi dengan orang tua. Itu bukan satu-satunya penyebab. Ada banyak faktor yang bisa menyebabkan seorang anak mengalami keterlambatan bicara. Oleh karena itu sangat perlu bagi orang tua untuk mengetahui bagaimana cara menstimulasi anak agar tidak sampai mengalami keterlambatan bicara.

 

Cara yang paling mudah untuk mencegah anak mengalami keterlambatan bicara adalah meningkatkan komunikasi dengan anak. Semakin sering anak kita ajak berbicara, maka semakin banyak pula kosakata yang diketahui oleh anak.

gangguan-bicara-pada-anak

sumber gambar : VIVA.co.id

Bahkan hal ini dibenarkan oleh seorang psikolog yang bernama Ajeng Raviando yang mengatakan bahwa kejadian keterlambatan bicara pada anak lebih banyak disebabkan karena kurangnya latihan komunikasi.

Baca Juga  Ingin Selalu Terlihat Cantik Hindari Kerja Lembur

 

Ada kebiasaan orang tua yang memicu anak untuk jarang berkomunikasi. Kita tahu bahwa kebanyakan orang tua sekarang ini hanya sibuk bekerja dan hanya mempunyai waktu yang sedikit kepada anaknya. Mereka lebih suka membiarkan anaknya bermain sendirian dibandingkan dengan mengajak bermain atau komunikasi. Kebiasaan sering menonton televisi juga bisa memicu seorang anak mengalami keterlambatan bicara.

 

Mengapa sering nonton TV bisa menyebabkan seorang anak cenderung mengalami keterlambatan bicara ?. Pada saat anak menonton televisi, maka mereka akan cenderung pasif dan diam untuk mendengarkan televisi. Mereka hanya duduk diam dan mendengarkan saja tanpa ada aktivitas komunikasi.

Baca Juga  Tiga Jenis Makanan Yang Bisa Menyebabkan Gairah Seksual Menurun

 

Oleh karena itu bagi orang tua sangat penting untuk membatasi anak yang suka bermain gadget atau nonton televisi. Ajak anak untuk lebih banyak bermain yang mengandalkan gerak dan banyak interaksi dengan orang lain.

Baca Juga : Manfaat Bermain Bagi Anak Mampu Meningkatkan Tumbuh Kembang

 

Selain itu penting juga kepada orang tua untuk tidak mengajarkan dua bahasa kepada anak. Anak yang sejak dini sering mendengarkan dua bahasa, maka cenderung merasa kesulitan dalam berkomunikasi.

 

Yang perlu diketahui oleh orang tua adalah saat anak sudah berusia 2 tahun, maka seharusnya sudah bisa berbicara atau ngoceh. Kalau hal ini belum bisa dilakukan, maka orang tua wajib untuk introspeksi diri tentang pola asuh yang diberikan.

Baca Juga  Ini Bahaya Merokok Jika Dilakukan di Dalam Rumah

 

Yang harus dilakukan adalah orang tua harus lebih sering mengajak anak berkomunikasi dan bermain. Anda bisa mengajak bermain keluar rumah dengan teman sebayanya untuk melatih kemampuan komunikasi dan sosial anak.

Artikel Terkait : Cara Berkomunikasi Yang Baik Pada Bayi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *