Cara Menjadi Pengusaha dengan Modal Kecil

header niko 728 x 90

cara memulai usaha modal kecilPada kesempatan kali ini inspirasibersama.com akan membahas tentang cara menjadi pengusaha dengan modal kecil. Jika kita mengamati, pertumbuhan angka pengusaha Indonesia mengalami trend yang naik. Ini adalah kabar yang bagus. Mengapa kami bilang bagus, karena salah satu indikasi suatu negara itu bisa makmur dan sejahterah adalah tingginya angka orang yang berkecimpung menjadi pengusaha.

Kalau kita amati sepanjang jalan , sekarang ini banyak sekali orang yang berjualan kecil-kecilan. Mulai dari minuman, makanan ringan, sampai pedagang nasi keliling. Kalau saya mengamati hal seperti ini sangat senang sekali karena secara perlahan-lahan mental masyarakat kita mulai seperti orang China he..suka berdagang.

Dulu kalau kita lihat toko yang agak besar di pinggir jalan, kalau kita cari tahu siapa pemiliknya pasti jarang sekali orang pribumi yang memilikinya. Yang paling sering adalah mereka yang berkulit kuning yaitu etnis China. Sangat miris sekali kalau kita lihat jaman dahulu, kita hanya bisa menjadi penonton bukan pelaku bisnis di negeri sendiri.

Dulu orang Indonesia belum memahami pentingnya mental berdagang yang sesuai ajaran Rosul. Tahukah kita sejak zaman dahulu beberapa abad yang lalu. Seorang Rosul ( utusan ) seorang Nabi umat Islam telah mendidik para umatnya untuk melakukan perniagaan. Dan sekarang ini teori itu terbukti bahwa perniagaan dalam suatu negara sangatlah penting.

Baca Juga  Tempat Belajar Bisnis Online di Nagan Raya

Jika anda saat ini mencari informasi tentang cara menjadi pengusaha dengan modal kecil, anda bisa membaca artikel ini sampai selesai. Memang tidak semua usaha membutuhkan modal yang besar, modal yang kecilpun bisa dilakukan asal anda serus untuk melakukannya. Banyak orang yang berhasil berawal dari usaha yang kecil dengan modal kecil pula.

Yang pertama yang harus anda siapkan jika ingin membuka usaha adalah harus mempunyai mental seorang pengusaha. Para pengusaha yang sukses selalu tidak menempatkan modal sebagai urutan pertama, tetapi urutan yang sekian kali. Yang pertama adalah modal niat yang kuat. Dengan kita mempunyai niat yang kuat maka jalan keluar akan ada saja. Mental seorang pengusaha yang lainya adalah tidak mudah menyerah dan kreatif. Seorang pengusaha harus belajar mencari peluang yang bisa dimanfaatkan.

Berikut beberapa usaha kecil yang bisa anda coba untuk lakukan :

  • Jual Es

Anda bisa memulai dengan menjual es pinggir jalan. Bisa es buah, es jus, ataupun es tebu. Semuanya tidak membutuhkan modal yang besar dan keuntungannya pun bisa dibilang lumayan. Tinggal kita mencari tempat yang pas untuk kita bisa berjualan es pinggir jalan.

  • Jual Pulsa Elektrik

Bisnis jual pulsa ini sangat menjamur seiring banyaknya pengguna telpon seluler di Indonesia. Bahkan kalau kita lihat rata-rata orang Indonesia memiliki 2-3 nomer telepon yang semuanya membutuhkan pulsa. Dengan banyaknya pengguna telpon seluler maka peluang bisnis pulsa juga bisa anda lakukan. Modal yang anda keluarkan juga relatif murah, tinggal anda putar terus modal anda sehingga bisa menjadi besar.

  • Membuka Warung Kopi
Baca Juga  Tempat Belajar Bisnis Online di Purwokerto

Trend masyarakat kita saat ini adalah nongkrong di warung kopi. Coba kita lihat warung kopi dipinggir-pinggir jalan, selalu ada saja yang nongkrong tanpa ada sepinya. Terkadang pagi pun sudah ada orang yang nongkrong bersama temannya minum kopi he..untuk menarik daya tarik warung kopi anda perlu menaruh WIFI pada warung kopi anda, karena itu sudah menjadi trend ngopi sambil BBM atau Browsingan.

  • Buka Jasa Loundry

Banyaknya orang yang sibuk kerja, saat ini bisnis loundry tidak bisa dianggap remeh. Karena omset bisnis ini lumayan besar jika kita bisa kelola dengan serius. Mungkin modal yang anda keluarkan cukup besar untuk membeli mesin cuci.

  • Bisnis Online

Bisnis yang satu ini lagi fenomenal. Pasalnya saya tahu sendiri omset bisnis ini bikin saya ngiler he..kalau kita membahas tentang bisnis online tidak akan ada habisnnya. Banyak sekali model bisnis online. Mulai dari menjadi blogger, jual barang sendiri dengan toko online, menjadi reseller dropship, sampai jual jasa secara online. Banyak keuntungan yang dapat kita peroleh jika melakukan model bisnis online. Kerjanya yang nyantai hanya duduk manis depan komputer, modal yang sangat murah, pasar yang sangat luas. Dunia maya adalah pasar yang sangat bagus untuk kita memasarkan produk.

Baca Juga  Belajar Bisnis Online di Simalungun

Banyak sekali pelaku bisnis online yang sudah berhasil mendapatkan penghasilan puluhan sampai ratusan juta rupiah. Siapa yang tidak tergiur, kerja santai hanya duduk manis tetapi gaji besar he..apalagi kalau kita melihat trend pengguna internet di Indonesia adalah terbesar ke tiga dunia, wow ini adalah pasar yang sangat empuk bagi mereka yang bisa memanfaatkannya.

Demikian sedikit informasi bagi anda cara menjadi pengusaha dengan modal yang kecil. Macam-macam bisnis diatas adalah sebuah pilihan yang bisa anda lakukan hanya dengan modal yang relatif murah. Di akhir artikel ini kami berpesan jika anda sudah melakukan salah satu bisnis diatas jangan lupa banyak berdoa ya karena TUHAN adalah yang menentukan segalanya. Tetapi yakinlah TUHAN tidak akan tinggal diam jika kita benar-benar serius ingin merubah nasib kita. Selamat mencoba…

 

Artikel Terkait : Kerja Sampingan Dari Rumah Tanpa Modal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *