Cara Menilai Berat Badan Kita Sehat atau Tidak

header niko 728 x 90

InspirasiBersama.com – Kalau kita membahas tentang berat badan maka tidak akan ada putusnya. Banyak sekali orang yang mengalami gangguan berat badan dan ingin sekali untuk menurunkannya. Ada juga orang yang merasa berat badan sudah ideal, namun mengapa perut masih terlihat buncit. Nah untuk menilai apakah berat badan kita sudah sehat atau belum, maka anda perlu membaca informasi ini.

 

Untuk menilai apakah berat badan kita sekarang ini termasuk kategori sehat, maka menurut International Journal of Obesity ada 4 cara yang bisa kita gunakan. Ayo kita ukur masing-masing ya apakah berat badan kita sekarang ini sudah sehat atau belum :

mengukur-lingkar-pinggang-2

sumber gambar : www.jaringnews.com

Lingkar pinggang

Cara mengukur tingkat kesehatan berat badan yang pertama adalah dengan cara melihat lingkar pinggang. Dengan melihat bagian ini maka kita bisa mengetahui apakah banyak penumpukan lemak pada bagian perut. Jika iya, maka kita memiliki resiko penyakit jantung dan diabetes.

Baca Juga  Dengan Rajin Berolahraga, Usus dan Otak Kita Akan Semakin Sehat

 

Bagaimana cara mengukurnya ? Caranya adalah dengan bantuan pita pengukur anda lingkarkan melewati tulang pinggul sampai melewati pusar. Bagi anda seorang wanita, maka ukuran lingkar pinggang yang normal adalah kurang dari 80 cm. Namun bagi seorang pria maksimal 90 cm.

 

Denyut jantung istirahat

Cara yang kedua adalah dengan cara mengukur denyut jantung saat kita istirahat atau tidak beraktivitas. Kita harus mengetahui berapa kali permenit denyut nadi manusia normal. Normal denyut nadi orang dewasa dalam keadaan istirahat adalah 60 sampai 100 kali / menit. Jika ternyata lebih atau kurang dari nilai normal, maka disarankan untuk memeriksakan ke dokter.

Baca Juga  Beberapa Kesalahan Dalam Memasak Yang Memicu Kegemukan

 

Persentase lemak tubuh

Cara selanjutnya adalah dengan mengetahui tingkat persentase lemak dalam tubuh kita. Dengan mengetahui hal ini, maka kita bisa mengetahui jumlah kelebihan lemak dalam tubuh kita. nilai normal persentase lemak seorang wanita adalah 20 sampai 32 persen. Sedangkan bagi seorang pria sekitar 8 sampai 15 persen saja.

 

Tingkat metabolisme basal

Cara ke empat untuk menilai berat badan kita sehat atau tidak adalah dengan cara mengukur tingkat metabolisme basal. Untuk mengukur tingkat metabolisme basal dalam tubuh kita, kita harus mengetahui tinggi badan, berat badan, jenis kelamin, tingkat aktivitas, usia dan jumlah kalori yang dikonsumsi.

Baca Juga  Dampak Negatif Merokok Bagi Wanita Bisa Menurunkan Kecantikan

Baca Juga : Tips Jitu Mengurangi Asupan Kalori Yang Benar

 

Dengan mengukur tingkat metabolisme basal tubuh, maka akan bisa menentukan apakah jumlah kalori yang kita konsumsi terlalu banyak atau justru kurang. Dengan demikian hal ini sangat bagus bagi anda yang sedang menjalankan sebuah program diet untuk menentukan jumlah kalori yang harus dikonsumsi.

Sumber : Kompas

Artikel Terkait : Pengen Tahu Alasan Mengapa Wanita Lebih Susah Kurus ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *