Cara Menghentikan Stres Dalam Waktu 20 menit

header niko 728 x 90

 

stres 2

InspirasiBersama.com – Stres bagi sebagian orang bisa datang dengan tiba-tiba. Hal ini menunjukkan sangat mudah orang mengalami stres. Namun jika mereka mengerti, mereka sebenarnya mampu mengatasinya dengan waktu 20 menit saja. Menurut para ahli, stres bisa kita redam cukup hanya 20 menit saja.

Stres sekarang ini seperti menjadi suatu rutinitas yang muncul hampir setiap hari. Banyaknya faktor yang mempengaruhi mulai dari beban kerja, kurang olahraga, faktor ekonomi dan masalah dalam keluarga. Tak banyak orang mengetahui cara menghentikan stres dengan cepat cukup hanya 20 menit saja. Berikut caranya :

1. 1 menit: Bernapaslah. Langkah pertama yang bisa meredakan stres dalam waktu 20 menit adalah dengan cara bernapas panjang dan dalam. Dengan melakukan teknik simpel ini maka diharapkan akan ada banyak suplai oksigen yang masuk ke dalam tubuh kita sehingga perasaan kita menjadi lebih tenang. Lakukan napas yang dalam, kemudian buang napas anda dengan pelan-pelan.

Baca Juga  Benarkah Omelet Putih Telur Lebih Menyehatkan ?

2. 2 menit: Makan sedikit cokelat.  Selanjutnya adalah dengan cara rutin mengkonsumsi cokelat hitam sebanyak 1,4 ons. Menurut sebuah penelitian yang dipublikasikan oleh Journal Proteome Research menyatakan konsumsi cokelat hitam 1,4 ons setiap hari selama satu minggu, mampu menurunkan stres dengan cara menekan hormon stres. Meskipun demikian, bagi anda yang mempunyai masalah dengan gula darah sangat disarankan untuk tidak mengkonsumsinya dengan berlebihan.

Baca Juga  Makanan Yang Bisa Meningkatkan Kesuburan Wanita

3. 3 menit: Menatap gambar snowflake.  Saat kita mengalami stres, cobalah mengatasinya dengan cara mengamati gambar snowflake. Berdasarkan sebuah penelitian yang dilakukan oleh Universitas Oregon mengatakan dengan mengamati pola snowflake, maka akan bisa menurunkan stres sebesar 44%

4. 15 menit: Menyeduh teh.  Kandungan teh yang kaya amino deriviatif, theanine dan chamomile terbukti mampu meredakan stres dan membuat perasaan menjadi lebih tenang. Bahkan sebuah penelitian mengatakan, apabila kita rajin konsumsi teh sehari empat cangkir, maka saat kita mengalami stres maka kadar hormon cortisol menjadi lebih rendah.

Baca Juga  Angka Kerusakan Gigi Pada Anak Terus Meningkat

5. 20 menit. Melangkah keluar.  Melangkah keluar maksudnya adalah dengan melakukan aktivitas lain yang bisa mengalihkan stres. Anda bisa melakukan sedikit aktivitas fisik atau olahraga untuk meringankan rasa stres yang muncul. Olahraga menjadi obat stres alami yang sangat mujarab.

 

Artikel Terkait : Stres Bisa Membuat Seseorang Mudah Pikun

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *