Cara Menghasilkan Uang dari Blog : New Metode

header niko 728 x 90

Banyak orang yang sudah bisa membuat sebuah blog atau website karena sudah sangat banyak sekali tutorial online yang beredar dan sangat mudah untuk dilakukan. Namun jika kita bertanya apakah sudah banyak orang yang bisa membuat blog, juga bisa menghasilkan uang ? jawabnya adalah tidak banyak alias sedikit. Untuk itu pada artikel kali ini kita akan membahas bagaimana cara menghasilkan uang dari blog yang sudah kita buat, simak sampai selesai ya.

cara menghasilkan uang dari blog

Dalam mengawali pembuatan sebuah blog atau website secara benar harus menentukan tujuan dari pembuatan blog tersebut. Ada beberapa orang membuat website tujuannya adalah agar terkenal, ada yang sekedar iseng-iseng dan ada juga yang tujuan pembuatan blog adalah untuk menghasilkan uang. Kalau kita menginginkan blog yang bisa menghasilkan uang tentunya tidak membuat blog secara asal-asalan, harus mempertimbangkan banyak hal misalnya produk apa yang akan dijual, banyak tidak pencarinya ( riset kata kunci ), bagaimana persaingannya dan pengumpulan artikel yang unik yang memberikan manfaat bagi para pengunjung.

Kalau kita menyusun blog secara asal – asalan jangan harap pundi-pundi rupiah atau dollar bisa kita raih. Langkah awal yang harus kita lakukan dalam rangka membuat blog yang bisa menghasilkan adalah tentukan produk atau jasa yang akan kita jual dulu. Apakah kita menjadi affiliate clickbank,amazon, iklan adsense, atau iklan PPC lokal. Semua itu tergantung passion kita masing-masing apakah ingin penghasilan dalam bentuk dollar maka larinya ke adsense, clickbank, atau amazon. Jika kita ingin penghasilan dalam bentuk rupiah bisa ikut program PPC lokal ( klik saya, kumpul blogger dsb ).

Baca Juga  Tempat Belajar Bisnis Online di Aceh Singkil

Mari kita bahas satu persatu cara menghasilkan uang dari blog yang sudah terbukti menghasilkan dollar maupun rupiah.

Artikel terkait : Cara Berbisnis Online

1. Komisi Dari Affiliate Marketing

Cara menghasilkan uang dari blog yang pertama adalah dengan menjadi affiliate marketing. Affiliate marketing adalah suatu program dimana kita sebagai pemasar online bekerja sama dengan para pemilik produk dengan komisi tertentu apabila kita berhasil menjualkan produknya. Penghasilan yang didapat berfariasi tergantung kebijakan yang punya produk. Bisnis affiliasi marketing ini bisa dilakukan dengan bekerja sama dengan clickbank, amazon.

Contohnya clickbank, hal pertama yang harus kita lakukan adalah melakukan riset produk clickbank yang akan kita jual. Di clickbank ada ribuan produk dengan bebagai macam kategori mulai dari kesehatan, game, komputer, masak, olahraga, yoga, dsb. Yang harus kita lakukan adalah memilih produk yang akan kita jual, kemudian kita lakukan riset kata kunci. Kata kunci apa yang berhubungan dengan produk yang kita jual dan memilki persaingan yang sedikit atau sedang. Setelah kita memilih produk, riset kata kunci, kemudian kita harus mengumpulkan artikel yang berkaitan dengan kata kunci yang kita tentukan. Dalam penyusunan artikel kita bisa tulis sendiri atau bisa mebayar orang untuk dibuatkan artikel sesuai kata kunci yang kita minta. Banyak sekali jasa pembuatan artikel yang bisa kita manfaatkan.

Baca Juga  Tempat Belajar Bisnis Online di Kabupaten Gayo Lues

Setelah artikel sudah terkumpul baru kita buat blog atau websitenya. Nah pola seperti inilah yang bisa menghasilkan dollar dari blog yang kita buat. Setelah blog selesai kita buat tidak berarti pekerjaan kita sudah selesai dan otomatis menghasilkan dollar, langkah terakhir yang harus kita lakukan adalah melakukan kegiatan SEO. Apa itu SEO ? gampangnya adalah suatu ilmu bagaimana caranya agar website/blog yang kita buat bisa berada di posisi / halaman utama di saat orang mencari informasi tertentu. Untuk belajar SEO anda bisa belajar disini

Setelah website kita berada di posisi halaman utama pencarian google, maka siap-siaplah pundi-pundi dollar atau rupiah akan mengisi rekening kita. Dari pengalaman bisnis affiliasi marketing ini bisa menghasilkan ratusan bahkan ribuan dollar / bulan, wow besar bukan ??

2. Memasarkan Jasa atau Produk Anda Sendiri

Selanjutnya adalah kita membuat blog tujuannya adalah menjual produk sendiri. Blog seperti ini contohnya adalah lazada, zolora, bukalapak, blibli dsb. Mereka membuat blog dengan isi produk yang mereka jual sendiri. Dalam membuat blog seperti ini dikenal dengan toko online atau e-commerce. Jika kita ingin membuat blog toko online saya sarankan untuk membeli secara online yang menawarkan jasa pembuatan toko online.

Penghasilan yang didapat dari buat blog dengan menjual produk sendiri mencapai puluhan bahkan ratusan juta/bulan. Untuk memperdalam buat blog toko online anda bisa belajar khusus bagaimana cara membuat toko online yang bisa menghasilkan uang.

Baca Juga  Tempat Belajar Bisnis Online di Tebing Tinggi

3. Menjadi Publisher Google Adsense

Selanjutnya cara menghasilkan uang dari blog adalah menjadi publusher google adsense. Program bisnis ini adalah PPC ( Pay Per Klik ) artinya kita sebagai publisher atau pemilik blog akan dibayar oleh adsense ketika ada pengunjung yang berkunjung di blog kita dan melkukan klik valid terhadap iklan yang ditayangkan oleh google adsense. Bisnis ini paling banyak dilakukan oleh publisher diseluruh dunia bahkan Indonesia.

Yang harus diperhatikan adalah bagaimana caranya agar website kita traffik kunjungannya tinggi sehingga kemungkinan konvesi klik pada iklan adsense juga tinggi. Untuk meningkatkan jumlah visitor blog, kita perlu memahami SEO. Dengan memahami SEO langkah kita mendapatkan penghasilan dari blog adsense semakin besar.

Dari berbagai cara menghasilkan uang dari blog yang sudah kita bahas diatas, intinya adalah sebelum kita membuat sebuah blog kita harus memikirkan sumber penghasilan yang nantinya dijadikan acuan dalam menyusun artikel blog. Apakah kita mau bisnis model clickbank, amazon, ataukah menjadi publisher adsense. Itu semua tergantung passion masing – masing. Semoga artikel ini bermanfaat, terima kasih.

Artikel terkait : Bisakah Memulai Bisnis Tanpa Modal

lelah di kantor ???

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *