Cara Mengetahui Detak Jantung Normal Anda Saat Istirahat

header niko 728 x 90

mengukur detak jantung

Peranan jantung yang sangat vital, membuat kita harus selalu menjaga kesehatan jantung kita. Dengan jantung yang sehat, maka akan berpengaruh besar kepada kesehatan tubuh kita secara keseluruhan. Untuk itu kita harus tahu bagaimana tanda denyut atau detak jantung yang normal saat kita istirahat atau tidak beraktivitas.

Cara mengetahui detak jantung normal adalah dengan cara mengukur denyut pada area pergelangan tangan kita. Karena area situ mudah untuk dilakukan. Detak jantung normal orang dewasa saat istirahat atau tidak ber aktivitas adalah antara 60-100 kali/menit. Apabila detak jantung kita kurang atau lebih dari 60-100 kali/menit saat istirahat, maka jantung anda bermasalah dan disarankan untuk memeriksakan ke dokter spesialis jantung untuk mendapatkan pengobatan sebelum terlanjur jauh.

Baca Juga  Manfaat Bintik Hitam Pada Pisang Bisa Untuk Deteksi Kanker

Banyak penelitian yang sudah dilakukan, untuk para pasien yang mengalami denyut jantung yang melebihi normal (takhikardi) saat beristirahat maka mengalami resiko kematian yang tinggi. Untuk itu sangat penting mengetahui nilai normal denyut jantung saat kita beristirahat.

 
Mengingat pentingnya kesehatan jantung, maka bagi anda semua yang saat ini sehat bugar untuk selalu menyempatkan diri untuk berolahraga secara teratur. Dengan kita melakukan olahraga secara teratur maka resiko penyakit jantung akan lebih rendah. Selain itu kita juga harus memperhatikan asupan makanan sehat yang masuk tubuh kita.

Baca Juga  Waspadai Katarak Jika Penglihatan Masih Kabur Meskipun Sudah Pakai Kacamata

 
Bagi anda yang saat ini sudah di diagnosa menderita penyakit jantung, maka bisa melakukan konsultasi kepada dokter jantung anda untuk aktivitas fisik yang boleh dan tidak boleh untuk dilakukan. Karena hal ini sangat penting untuk menjaga kesehatan jantung anda.

 
Demikian artikel singkat dari inspirasibersama.com tentang cara mengetahui detak jantung normal saat kita istirahat. Semoga artikel ini memberi banyak manfaat bagi banyak orang. Salam sehat

Baca Juga  Mengapa Setelah Makan Nanas Lidah Kita Terasa Gatal ?

 

Artikel Terkait : Kopi Aman Bagi Jantung

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *