Cara Mengendalikan Nafsu Makan Yang Besar

header niko 728 x 90

cara mengontrol nafsu makan yang besarBanyak orang yang gagal dalam masa program diet hanya karena tidak kuat menahan godaan lapar. Malah banyak diantara mereka yang berat badannya malah bertambah padahal dia program diet. Masalahnya adalah tidak bisa menahan keinginan untuk makan. Pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang bagaimana cara mengendalikan nafsu makan yang besar.

Secara normal , tubuh kita akan merasa lapar saat nutri dalam tubuh kita berkurang. Dengan begitu kita didorong oleh otak untuk melakukan makan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi. Namun kebanyakan orang saat ia merasa lapar, dia akan makan secara lahap dalam porsi besar untuk bisa menghentikan rasa lapar yang melanda. Seharusnya tidak demikian. Harusnya kita tidak makan secara berlebihan, makan yang cukup dan berhenti sebelum kita merasa kenyang.

Berikut ada beberapa tips untuk mengendalikan nafsu makan yang besar :

  1. Jauhkan junk food
Baca Juga  Ternyata Biji Pepaya Mempunyai Manfaat Bagi Kesehatan

Junk food merupakan godaan bagi kita semua. Saat perut kita lapar maka keinginan untuk ngemil makanan tak tertahankan. Bagaimana mensiasatinya ? yaitu dengan mengalihkan menu cemilan ke makanan yang sehat.

Bisa berupa buah, sayur, kue kering yang tinggi akan serat bisa menjadi alternatif cemilan yang sehat. Dengan kita terbiasa ngemil makanan yang sehat, maka kita bisa terhindar dari peningkatan berat badan sampai ancaman penyakit yang membahayakan tubuh kita.

  1. Pikirkan baik-baik

Kita harus bisa menahan bafsu keinginan untuk makan ataupun ngemil. Mungkin kita sering mengalami setelah makan tetapi terasa perut masih lapar dan kepingin sekali ngemil. Ini adalah godaan yang harus kita lawan.

Atau terkadang saat kita merasa capek dan ngantuk, rasa untuk nafsu makan akan meningkat karena kita mengira lemahnya tubuh kita dikarenakan oleh kurangnya asupan nutrisi. Padahal ini adalah rasa ngantuk yang diakibatkan oleh lelahnya tubuh kita akibat aftifitas fisik. Untuk mengatasinya kita bisa minum kopi yang mengandung sedikit kafein.

Baca Juga  Imunitas Tubuh Sangat Penting Untuk Menangkal Virus Zika

 

  1. Minum air

Minum air bisa menjadi alternatif yang baik disaat kita merasa lapar. Orang yang dehidrasi terkadang muncul keinginnan untuk makan, padahal yang dibutuhkan adalah asupan cairan berupa air. Solusinya apabila kita merasa lapar, cobalah untuk minum air segelas terlebih dahulu. Rasakan apakah masih ada dorongan untuk makan atau tidak.

  1. Terapkan peraturan 15 menit

Solusi lain untuk mengatasi nafsu makan yang besar adalah dengan menerapkan pertauran tunggu 15 menit pada diri kita. Agar kita tak tertipu dengan rasa lapar yang palsu, maka saat kita merasa lapar coba alihkan rasa lapar kita dengan aktifitas yang lain misalnya menelpon, gosok gigi, membaca buku dll. Apabila rasa lapar masih melanda, maka kita bisa ambil makanan sedikit saja setelah itu kita jauhkan makanan tadi dari pandangan mata kita.

  1. Dengarkan musik
Baca Juga  Apakah Penderita Hipertensi Tidak Boleh Mengkonsumsi Garam Sama Sekali ?

Tips terakhir yang bisa kita lakukan adalah mendengarkan musik. Mengapa ? karena di saat orang merasa sedih maka akan mendorong seseorang untuk makan. Dengan mendengarkan musik maka suasana hatinya akan menjadi senang sehingga bisa memicu untuk produksi hormon serotinin.

Berikut beberapa tips yang bisa kita lakukan agar bisa mengendalikan nafsu makan yang besar. Semoga bermanfaat….

 

Artikel Terkait : Cara Mengatasi Kecanduan Ngemil

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *