Cara Mengenali Gejala Depresi Yang Bisa Memicu Seseorang Bunuh Diri

header niko 728 x 90

InspirasiBersama.com – Tahukah kita bahwa berdasarkan sebuah data menyebutkan bahwa hampir 90 persen orang yang meninggal karena bunuh diri lebih disebabkan karena gangguan kejiwaan. Salah satu jenis gangguan kejiwaan yang paling sering dialami adalah depresi.

Mohon dibedakan antara stres dengan depresi. Depresi mempunyai tingkat stres yang lebih parah yang membuat seseorang merasa tidak bahagia dan tak lagi mempunyai harapan. Pada saat tersebut, maka akan ada beberapa gejala lain yang menyertai secara klinis.

sumber gambar : Klikdokter.com

Menurut para pakar kesehatan jiwa menyebutkan bahwa gejala utama seseorang mengalami depresi adalah mood atau suasana hati yang menurun.

Baca Juga  Sedang Hamil Kok Tetap Kurus ?

Orang yang mengalami depresi akan memunculkan perasaan putus asa dan tak punya harapan lagi. Saat terjadi demikian, maka orang tersebut akan mengalami beberapa gejala klinis lain seperti nafsu makan yang menurun, malas, sulit berkonsentrasi, kurang bertenaga dan sering muncul ide untuk bunuh diri.

Aapabila kondisi ini sampai berlangsung setidaknya selama empat belas hari, maka akan mempengaruhi kehidupan sosial dan kegiatan seseorang dalam sehari-hari.

Baca Juga  Ternyata Buah Semangka Sangat Bagus Untuk Kesehatan Jantung

Untuk pemicunya ada beberapa macam, namun lebih disebabkan karena pengalaman hidup yang negatif seperti ditinggal orang yang dicintai, perpisahan, perceraian, adanya penyakit yang tak kunjung sembuh, kekerasan dalam seksual dll.

Ternyata seorang wanita mempunyai resiko dua kali lipat mengalami depresi dibandingkan dengan pria. Hal ini sesuai dengan data sebuah hasil riset Kesehatan Dasar Kementerian Kesehatan RI yang dilakukan pada tahun 2013.

Baca Juga : Mengapa Wanita Lebih Mudah Cemas ?

Menurut para pakar kesehatan, depresi adalah penyakit kejiwaan yang bisa diobati. Untuk melakukan pengobatan depresi juga tersedia layanan gratis yang diberikan oleh pemerintah melalui BPJS Kesehatan.
Artikel Terkait : Apa Tanda Orang Tua Yang Mengalami Depresi ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *