Cara Mengenali Gejala Autisme Pada Anak Usia 1-3 Tahun

bisnis online

cara mengenali gejala autisme

InspirasiBersama.com – Meningkatnya jumlah penderita anak autisme membuat para orang tua harus waspada akan gejala autisme pada anak. Terutama pada anak dengan usia 1-3 tahun. Kita tahu bahwa autisme merupakan jenis gangguan yang terjadi pada anak yang mengakibatkan seorang anak menjadi sulit untuk berkomunikasi.

Dari segi kedokteran ada tiga gejala utama autisme yang terjadi pada anak diantaranya adanya gangguan terhadap interaksi sosial pada anak, terjadi gangguan komunikasi verbal maupun nonverbal dan perilaku anak yang terbatas diiringi dengan gerakan yang tidak mempunyai suatu tujuan.

Menurut dokter spesialis jiwa-konsultasi psikiatri anak dan remaja yang bernama Ika Widyawati mengatakan munculnya gejala autisme sering terjadi pada anak saat usia 0-3 tahun. Untuk itu sebagai orang tua penting untuk bisa mengenali gejala autisme sejak usia dini.

Baca Juga  Apa Manfaatnya Makan Dengan Tenang Bagi Kesehatan ?

Menurut dokter Ika, sebenarnya cara mengenali gejala autisme sejak dini pada anak cukup mudah untuk dilakukan. Misalnya sejak usia 12 bulan seorang anak sudah muncul gejala autisme yaitu tidak mampu menunjuk apa yang anak inginkan dan mengoceh. Selain itu saat anak kita tunjukkan benda dari jauh, maka anak tidak mampu untuk melihatnya.

Baca Juga  Apa Benar Vaksin HPV Menyebabkan Menopause Dini ?

Gejala lain anak yang mengalami autisme adalah menurunnya kemampuan bicara secara perlahan. Pada anak usia 1- 1,5 tahun, biasanya anak akan tampak mulai pandai mengoceh meskipun belum fasih. Untuk itu anda harus mewaspadai seorang anak yang sudah berusia 16 bulan namun belum bisa mengucapkan satu kata pun. Padahal harusnya seorang anak minimal bisa mengucap ‘mam’ atau ‘pa’.

Tanda selanjutnya adalah anak akan mengalami penurunan kemampuan sosial. Artinya seorang anak yang autis akan merasa asik dengan dunianya sendiri, misalnya saat bermain.

Apabila anda mendapati gejala-gejala tersebut diatas terjadi pada anak kita, maka sangat disarankan untuk membawanya ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang cepat dan tepat. Itulah cara mengenali gejala autisme pada anak usia 1-3 tahun.

Baca Juga  Jenis Latihan Yang Bisa Membuat Sendi Kita Sehat dan Kuat

Artikel Terkait : Terapi Bagi Anak Yang Mengalami Keterlambatan Bicara

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *