Cara Mengembalikan Stamina Tubuh Setelah Berolahraga

header niko 728 x 90

InspirasiBersama.com – Semua orang tentunya tahu kalau olahraga mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Meskipun demikian sering kali kita menjumpai seseorang yang justru mengalami masalah pasca berolahraga. Hal ini disebabkan karena olahraga yang dilakukan tidak dengan cara yang benar. Ada cara mengembalikan stamina tubuh setelah berolahraga.

Banyak orang yang mengeluhkan badannya terasa capek semua setelah melakukan olahraga. Tidak jarang kondisi ini membuat stamina kita menjadi menurun. Padahal niatan berolahraga untuk kesehatan yang lebih baik. Tetapi yang didapat setelah berolahraga justru badan terasa capek-capek.

mengembalikan-stamina

ssumber gambar : Vemale.com

Berikut cara mengembalikan stamina tubuh setelah berolahraga :

1.Tidur

Apabila tubuh kita merasakan capek-capek setelah berolahraga, maka cara mengembalikannya adalah dengan cara melakukan tidur yang berkualitas. Tidak dipungkiri kalau tidur mempunyai peranan yang sangat vital bagi kesehatan. Dengan tidur yang berkualitas, maka tubuh bisa melakukan perbaikan ulang sistem tubuh sehingga saat bangun kita terasa nyaman.

Baca Juga  Beberapa Mitos Tentang Minyak Rambut Yang Perlu Diketahui

Pada saat kita melakukan tidur, maka secara alamiah akan mendorong produksi hormon pertumbuhan. Hormon inilah yang berperan dalam membangun sel dan jaringan tubuh yang rusak. Hal ini juga bisa mengembalikan fungsi otot yang tegang setelah berolahraga.

2. Asupan protein

Protein juga mempunyai peranan yang penting untuk mengembalikan stamina tubuh yang capek setelah berolahraga. Sebenarnya konsumsi protein sangat disarankan baik sebelum maupun setelah berolahraga agar badan kita kembali optimal.

Baca Juga : Tips Aman Makan Setelah Olahraga

Saat kita berolahraga tidak menutup kemungkinan ada otot tubuh yang rusak. Maka dengan mengkonsumsi protein bisa mengembalikan otot yang rusak sehingga tubuh kita terasa lebih bertenaga kembali dan tidak pegal-pegal.

Baca Juga  4 Tips Untuk Menidurkan Si Kecil Dengan Cepat

3. Aktivitas pendukung pemulihan

Bagi anda yang menginginkan memulihkan stamina setelah berolahraga, maka tidak disarankan untuk berhenti bergerak. Jika anda ingin pulih dengan segera, maka sebaiknya anda tetap melakukan aktivitas yang bisa membakar kadar laktat dalam otot.

Merasakan badan pegal setelah berolahraga bisa disebabkan karena adanya asam laktat yang banyak menumpuk sehingga membuat otot kita terasa nyeri. Anda bisa melakukan hal ringan seperti jogging dan jalan santai untuk membuang tumpukan asam laktat tersebut.

4. Memilih makanan yang tepat

Jangan berpikiran hanya cukup mengkonsumsi protein saja bisa mengembalikan stamina dan rasa pegal setelah berolahraga. Selain mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung protein, anda juga disarankan untuk mengkonsumsi makanan yang mengandung omega-3.

Baca Juga  Jenis Makanan Pengganti Nasi Yang Kaya Gizi Adalah Ubi Jalar

Dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung omega-3, maka kita bisa mengurangi resiko inflamasi atau peradangan yang mungkin muncul setelah kita berolahraga. Kondisi inilah yang bisa menyebabkan rasa nyeri pada otot dan terasa pegal-pegal.

Selain mengkonsumsi makanan yang kaya protein dan omega-3, yang tidak kalah pentingnya adalah mengkonsumsi banyak cairan untuk mencegah terjadinya dehidrasi saat berolahraga.

Artikel Terkait : Efek Buruk Jika Kita Malas Berolahraga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *