Cara Mengatasi Kulit Yang Kering dan Gatal

header niko 728 x 90

kulit kering dan bersisik

InspirasiBersama.com – Bagi anda yang memiliki jenis kulit yang sensitif dan gampang terjadi iritasi, maka pasti anda pernah mengalami kulit yang kering dan gatal. Kondisi ini dinamakan dermatitis atopik. Tandanya adalah kulit menjadi kering, bersisik dan adanya rasa gatal. Untuk itu akan kami bahas tentang cara mengatasi kulit yang kering dan gatal.

Eksim atau dermatitis atopik ini merupakan penyakit kulit yang biasanya diderita oleh anak-anak yang usianya kurang dari lima tahun. Tetapi juga ada orang dewasa yang menderita penyakit ini.

Baca Juga  Sampai Saat Ini Obat Penyakit Polio Belum Ditemukan

 
Penyakit ini terjadi karena produksi ceramide sangat rendah. Dengan demikian kulit kita akan gampang terkena iritasi oleh lingkungan luar. Jika hal ini terjadi maka kulit kita akan mudah untuk terjadi peradangan.

 
Selain itu dermatitis juga bisa disebabkan oleh adanya faktor keturunan atau genetik dan bisa bertambah serius oleh karena faktor luar. Penyakit ini tergolong penyakit yang mudah kambuh. Hal ini bisa disebabkan oleh adanya faktor luar misalnya deterjen, sabun, antiseptik dan pewangi.

Bahkan pada kasus dilanpangan, dermatitis bisa terjadi karena seseorang mengalami stres. Saat terasa gatal pada kulit, mereka melakukan garukan secara terus-menerus sampai terjadi eksim.

Baca Juga  Tips Bersepeda Sehat dan Aman Pada Malam Hari

Untuk mengatasi dermatitis atopik biasanya seorang dokter akan memberikan obat kortikosteroid atau antihistamin yang bisa meredakan rasa gatal yang timbul. Tetapi penggunaan obat ini juga tidak lepas dari efek samping. Biasanya obat yang dioleskan secara berlebihan, akan menyebabkan kulit menjadi tebal dan warna kulit tidak rata.

Para dokter juga menyarankan bagi penderita untuk merubah gaya hidupnya. Untuk mengatasi kambuhnya penyakit ini bisa diatasi dengan sering menggunakan pelembab. Saat kulit kita menjadi lembab, maka sistem pelindung pada kulit akan bisa berfungsi dengan baik.

Baca Juga  Kenali Tanda Penuaan Yang Terjadi Pada Penis

 
Artikel Terkait : Tips Agar Luka Tidak Menimbulkan Bekas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *