Cara Mengatasi Darah Menstruasi Yang Terlalu Banyak

header niko 728 x 90

InspirasiBersama.com – Bagi seorang wanita menstruasi merupakan hal yang kerap mengganggu aktivitas. Terlebih saat ada banyak darah yang keluar. Dalam sebuah hasil studi menyebutkan kalau terlalu banyak mengeluarkan darah saat menstruasi bisa menurunkan kualitas hidup seorang wanita sampai 25 persen. Namun ada kabar gembiranya yaitu ada cara mengatasi darah menstruasi yang keluar terlalu banyak.

Sanitary or tampon

sumber gambar : http://segiempat.com/

Langsung saja berikut beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk mengatasi darah haid yang keluar terlalu banyak :

1. Pertimbangkan pakai alat kontrasepsi

Bagi anda seorang wanita yang sudah menikah dan sering kali mengalami darah haid yang keluar lebih banyak, maka untuk mengatasinya bisa mempertimbangkan untuk menggunakan alat kontrasepsi.

Baca Juga  Bahaya Tidak Memakai Helm Saat Bersepeda Menyebabkan Cidera Otak

 

Untuk jenis alat kontrasepsi yang tepat bisa menggunakan IUD hormonal atau menggunakan kontrasepsi pil KB. Banyak para wanita yang setelah menggunakan kontrasepsi ini bisa teratasi.

 

Untuk lebih jelasnya anda bisa melakukan konsultasi terlebih dahulu dengan seorang dokter untuk bisa memberikan solusi yang tepat untuk mengatasi darah menstruasi yang keluar banyak.

Baca Juga : Beberapa Hal Yang Menyebabkan Siklus Haid Menjadi Tidak Lancar 

 

2. Minum ibuprofen

Berdasarkan sebuah hasil studi yang sudah dipublikasikan dalam jurnal Obestetrics and Gynecology mengatakan bahwa mengkonsumsi obat antiinflamasi seperti ibuprofen bisa bermanfaat untuk mengurangi darah haid yang keluar terlalu banyak. Bahkan dalam studi tersebut menyebutkan efektivitasnya bisa mencapai 20 sampai 30 persen.

Baca Juga  Dampak Buruk Remaja Yang Kecanduan Kopi

 

3. Minum jus tomat

Seorang wanita yang banyak kehilangan darah saat haid bisa menyebabkan gangguan kesehatan seperti kepala pusing atau bisa sampai pingsan. Selain itu kadar Hb juga akan mengalami penurunan.

 

Untuk pertolongan pertama bagi seorang wanita yang mengalami darah haid keluar lebih banyak, bisa dengan cara minum banyak air dan garam. Selanjutnya anda bisa mengkonsumsi jus tomat untuk mengatasinya.

 

4. Minum suplemen zat besi
Cara terakhir yang bisa anda lakukan saat menstruasi banyak mengeluarkan darah adalah dengan cara mengkonsumsi suplemen zat besi. Banyak kehilangan darah akan menyebabkan zat besi dalam tubuh juga turun. Anda juga bisa mengkonsumsi banyak makanan yang mengandung banyak zat besi seperti daging, ikan, telur, kacang-kacangan dan daging ayam.

Baca Juga  Gangguan Prostat Bisa ditandai Dengan Sering Buang Air Kencing Pada Malam Hari

Sumber : Kompas.com

Artikel Terkait : Cara Mengenali Menstruasi Yang Tidak Sehat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *