Cara Mendeteksi Kesehatan Dari Kondisi Bibir

header niko 728 x 90

InspirasiBersama.com – Dibalik fungsinya yang sangat besar, bibir manusia juga bisa menjadi sebuah indikator kesehatan. Selama ini kita hanya mengenal fungsi bibir untuk menghisap, minum dan melakukan kemesraan dengan pasangan dengan berciuman.

Anda bisa mendeteksi kesehatan dari kondisi bibir. Berikut beberapa kondisi bibir yang mengindikasikan kesehatan seseorang :

sumber gambar : Tribunnews.com

1. Bibir Anda bengkak

Kondisi bibir yang bengkak, menurut para pakar kesehatan bisa menjadi tanda kalau kita mengalami alergi. Kondisi ini biasanya disertai dengan rasa gatal yang membuat kondisi bibir semakin membengkak.

Kondisi alergi seperti ini bisa disebabkan karena anda mengkonsumsi makanan tertentu maupun jenis obat tertentu. Selain kondisi bibir yang membengkak, alergi juga disertai dengan rasa gatal yang terjadi di sebagian besar kulit.

Baca Juga  Bahaya Bangkai Kecoa Bisa Memicu Penyakit

2. Bibir pecah-pecah

Bagi anda yang suka mengalami bibir pecah-pecah, maka bisa jadi disebabkan karena anda mengalami kekurangan beberapa nutrisi penting tubuh. Beberapa nutrisi tersebut mencakup zat besi, vitamin B3, vitamin B6 dan seng.

Untuk mencegah atau mengobati kondisi ini, maka anda harus memperbaiki menu makanan. Anda bisa menambahkan menu daging merah yang kaya akan sumber zat besi dan seng. Selain itu anda juga bisa mengkonsumsi telur, sayuran hijau dan ikan salmon yang kaya kandungan zat besi, vitamin B dan seng.

Baca Juga : Tips Agar Bibir Tetap Lembut Sepanjang Hari

3. Air liur berlebihan

Kondisi air liur yang berlebihan tentu membuat kondisi yang tidak nyaman. Hal ini biasanya terjadi dibagian sudut-sudut bibir kita. Kondisi ini lebih dikenal dengan sebutan cheilitis angular.

Baca Juga  Inilah Rumah Sakit Terbaik di Amerika Serikat

Kondisi jumlah air liur yang berlebih bisa memicu munculnya infeksi jamur pada mulut. Kondisi ini bisa menyebabkan luka pada bibir yang dirasa nyeri dan mengganggu.

Jika anda mengalami masalah ini, maka disarankan untuk tidur dengan menggunakan bantal. Jika anda menggunakan gigi palsu dan dirasa bermasalah, maka bisa konsultasikan kondisi gigi palsu anda ke dokter gigi.

4. Lepuhan kecil di sekitar bibir

Kondisi bibir yang sering mengalami lepuhan kecil atau biasa disebut dengan cold sore lebih disebabkan karena kondisi sedang stres, kelelahan karena pekerjaan yang menumpuk.

Pada kondisi ini berarti mengindikasikan kalau sistem kekebalan tubuh kita sedang turun. Untuk meningkatkan kembali, anda harus mengurangi stres, istirahat cukup dan mengkonsumsi makanan yang sehat dan bergizi.

Baca Juga  Apa Saja Kandungan dan Manfaat Luar Biasa Dari ASI

5. Bibir kering

Kondisi bibir yang kering menjadi tanda kalau tubuh kita mengalami dehidrasi atau kekurangan cairan. Kondisi ini biasa terjadi pada saat cuaca yang sedang panas. Untuk mengatasi hal ini, maka anda harus lebih banyak minum air putih.

Artikel Terkait : Bibir Indah Dengan Minyak Zaitun

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *