Cara Berbisnis Online

header niko 728 x 90

Sungguh luar biasa kalau saya boleh bilang orang yang mencari informasi tentang cara berbisnis online. Mulai dari hanya sekedar cari informasi sebagai income tambahan atau benar-benar ingin dijadikan sebagai penghasilan utama yang bisa menghantarkan pada kesuksesan.

cara-memulai-bisnis-online

OK anda saat ini berada di tempat yang tepat sharing informasi pengalaman berbisnis online. Anda boleh mencontoh ataupun hanya sekedar membaca dan tidak usa mempraktekkannya. Tetapi apakah kita tidak tertarik akan income yang dihasilkan dari berbisnis online ini ???? he…itu adalah hak masing-masing ya….

Kita akan coba sharing pengalaman nyata saya mulai dari cara buka usaha mulai nol….sampai hal-hal yang harus dilakukakan sampai bisnis online benar-benar menghasilkan income yang diharapkan.

 

Sebelum kita mulai mungkin bagi kebanyakan para pemula banyak sekali pertanyaan yang bersifat “ keraguan “ atau ketidakpercayaan akan income dari berbisnis online. Menurut saya ini adalah hal yang wajar….

Biasanya ini pertanyaan yang menghantui para pemula saat ingin memulai cara berbisnis online :

  • Apa benar bisnis online benar-benar bisa menghasilkan uang ?
  • Saya sangat gaptek ! apakah bisa dijalankan oleh orang gaptek seperti saya ?
  • Bagaimana cara memulainya ?
  • Apa yang harus saya jual di online ?
  • Berapa modal dan biaya operasional yang harus dikeluarkan ?
  • Berapa sich penghasilannya ? menggiurkan nggak ?
  • Dan masih banyak pertanyaan-pertanyaan lainnya…..

 

Ok akan kita bahas semuanya disini ya bagaimana cara berbisnis online. Sebenarnya tidak ada ilmu pasti dalam berbisnis online akan tetapi alur memulainya bisa saya gambarkan semacam ini :

Baca Juga  Apa Saja Kebiasaan Orang Sukses Sebelum Tidur ?

Step 1

Langkah awal yang harus kita lakukan adalah menentukan produk. Ya..produk apa yang akan kita jual atau dijadikan kendaraan untuk bisa menghasilkan uang. Ingat ya anda harus menentukan dulu produk yang akan dijual.

Setelah menentukan produk atau barang yang akan dijual secara online, langkah selanjutnya adalah lakukan “ riset produk “. Apa yang dimaksud dengan “ riset produk “ artinya kita harus melakukan analisa pasar. Apakah barang yang akan kita jual secara online banyak orang yang membutuhkannya ? dan apakah pencari produk tersebut secara online banyak ?

Mengapa kok pakai riset terlebih dahulu ? ini sangat berguna untuk kelangsungan bisnis kita nantinya. Gak lucu kan kalau kita mau jual barang “ A “ ternyata pencari di internet tentang barang “ A “ sedikit sekali bahkan tidak ada orang yang mencari barang tersebut di online ha..ha..bisa-bisa gatot tuch alias gagal total. Jadi intinya cari barang yang laku dijual secara online dahulu.

Untuk produk yang akan kita jual bisa berupa produk fisik, jasa maupun digital.

  • Contoh barang fisik adalah baju, kerudung, busana muslim, gadget, tas wanita, jam tangan, komputer dll
  • Contoh barang digital bisa ebook, kursus, ataupun software
  • Contoh jual jasa adalah jasa penulis artikel, jasa seo, jasa penerjemah, jasa travel, jasa iklan dll.
Baca Juga  Cara Mendapatkan Uang Dari Blog Tanpa Modal Dengan Mudah

Menentukan sebuah produk yang akan kita jual bisa dibilang cukup sulit, karena sebagai pemula kita biasanya memilih yang minim resiko yaitu reseller dropship. Kita harus mencari suplier yang benar-benar komitmen, apakah barang yang dijual punya kualitas yang bagus, stok barang tersedia jalam jumlah yang banyak, lokasi supplier kita dimana dan punya kredibilitas yang baik.

Step 2

Langkah selanjutnya setelah kita menentukan produk adalah buatlah sebuah website sebagai tempat / toko kita. Ini sangat penting sekali, karena dengan memiliki sebuah website kredibilitas kita dimata pembeli sangat profesional. Kita bisa membuat website secara gratis atau jika kita punya sedikit modal bisa membuat sebuah toko online. Banyak sekali penyyedia jasa pembuatan toko online yang bisa kita pilih sendiri sesuai keinginan kita.

Dalam tahap pembuatan website saya sarankan untuk menggunakan website yang berbayar, bayarnya satu tahun sekali kok. Jika kita menggunakan website yang gratisan maka para pengunjung/pembeli kita nantinya akan kurang percaya akan kredibilitas kita sebagi seorang penjual produk secara online.

Step 3

 

Setelah website sudah kita buat langkah selanjutnya adalah melakukan promosi. Promosi ini sangatlah penting. Banyak pemula beranggapan bahwa setelah kita bisa membuat sebuat website atau toko online kita sudah bisa menghasilkan income. Ini adalah salah besar. Website hanya langkah wal saja, yang terpenting adalah promosi/ marketing.

Baca Juga  Belajar Bisnis Online di Maluku Utara

Dalam dunia promosi secara online kita harus belajar marketing bagaimana cara mempromosikan produk secara online. Menurut pengalaman kami sarankan untuk mencari forum-forum atau tampat belajar marketing agar meminimalisir kesalahan dalam promosi. Karena promosi secara online tentunya mengeluarkan biaya yang menurut saya tidak sedikit.

Jika kita merasa keberatan untuk mencari forum-forum atau tempat belajar marketing online kita bisa belajar secara autodidak dengan mencari tahu informasi di online. Pastinya ini akan memakan banyak waktu he..dan seakan-akan kita tidak punya seorang guru. Ini semua adalah pilihan tergantung masing-masing ya…

Demikian sedikit informasi tentang cara berbisnis online berdasarkan pengalaman saya sendiri. Apabila ada kesalahan ataupun kekurangan kami mohon maap karena disini saya bukan seorang yang sudah profesional tapi masih terus belajar untuk bisa menjadi seorang yang profesional di bisnis online. Semoga banyak memberi manfaat bagi kita semua, amiin. Salam sukses….

Artikel terkait : Pekerjaan Sampingan yang Sangat Menjanjikan

BANNER FREE MEMBER

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *