Cara Baru Menyembuhkan Batu Ginjal Tanpa Operasi

header niko 728 x 90

tindakan eswl

InspirasiBersama.com – Dahulu untuk menyembuhkan atau mengangkat batu ginjal membutuhkan tindakan pembedahan. Namun sekarang ini, untuk mengangkat batu ginjal tidak harus dengan prosedur operasi atau pembedahan tetapi bisa menggunakan metode Extracorporeal Shock Wave Lithotripsy (ESWL).

Metode ESWL ini merupakan metode baru menghancurkan batu ginjal dalam tubuh dengan menggunakan teknologi suara kejut (bukan laser) yang bisa membuat batu ginjal berubah menjadi pecahan lebih kecil atau bahkan halus.

Dalam melakukan tindakan ESWL ini, pasien akan didekatkan dengan sebuah alat ESWL. Dengan bantuan sebuah radiasi X-ray dan USG, maka seorang dokter akan mengetahui lokasi batu ginjal. Setelah lokasi batu terdeteksi, maka segera dokter akan mengeluarkan suara kejut dari alat ESWL tersebut untuk menghancurkan batu ginjal.

Baca Juga  Bagaimana Cara Mengatasi Kaki Yang Kram ?

Tidak cukup sampai disitu saja, setelah diberikan gelombang kejut seorang dokter bisa memantau apakah batu ginjal sudah benar-benar hancur atau masih utuh. Dengan demikian tingkat keberhasilannya cukup tinggi.

Lantas bagaimana dengan rasanya, apakah sangat sakit ?. Menurut para dokter menggunakan metode ESWL untuk menghancurkan batu ginjal tidak memberikan rasa nyeri yang berlebihan. Dokter menggambarkan seperti terasa dijepret karet. Bahkan sering kali pasien merasakan seperti ada pijatan yang membuat rileks bahkan sering kali pasien tertidur.

Baca Juga  Seberapa Besar Sosial Media Mempengaruhi Kesehatan Mental ?

Untuk melakukan tindakan dengan metode ESWL ini membutuhkan persiapan dan pemeriksaan terlebih dahulu. Ini menunjukkan bahwa metode ini tidak bisa digunakan secara sembarangan. Salah satu bentuk pemeriksaan yang harus dilakukan adalah mengecek fungsi ginjal dan gangguan perdarahan. Oya segala usia bisa menggunakan metode ini.

Ada beberapa jenis batu yang memang cukup sulit untuk dihancurkan dengan menggunakan metode ESWL ini. Jenis batu yang ditimbulkan karena reaksi kalsium yang mengeras cukup sulit untuk dihancurkan. Hal ini lebih mudah jika batu disebabkan karena pengerasan asam urat.

Baca Juga  Cara Meredakan Migrain Tanpa Harus Menggunakan Obat

Artikel Terkait :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *