Cara Aman Mengkonsumsi Daging Olahan

header niko 728 x 90

InspirasiBersama.com – Apakah anda termasuk orang yang sulit menghindari konsumsi daging olahan ?. Meskipun WHO sudah menyatakan bahwa sering konsumsi daging olahan bisa memicu munculnya kanker, namun bagi mereka yang sudah kadung suka daging menjadi hal yang sangat sulit. Untuk menghindari resiko yang lebih besar akan kanker, maka ada cara aman konsumsi daging olahan.

 

Ada banyak sekali makanan yang berasal dari daging olahan, diantaranya sosis, ham, bacon dll. Semua jenis makanan olahan daging tersebut bisa memicu munculnya kanker jika terlalu banyak mengkonsumsinya. Oleh karena itu mengatur porsi sangat penting agar aman bagi kesehatan kita.

daging-olahan-3

sumber gambar : wikikesehatan.com

Berapa gram maksimal kita dibolehkan mengkonsumsi jenis makanan daging olahan ? Menurut para ahli sangat disarankan untuk tidak melebihi 15 gram dalam sehari. Jadi anda bisa mengira-ngira sendiri berapa banyak yang tidak boleh kita konsumsi.

Baca Juga  Khasiat Makan Pare Bagi Penderita Diabetes

Baca Juga : Memilih Menjadi Vegetarian Sangat Bermanfaat Bagi Kesehatan

 

Kebanyakan dari mereka yang menyukai makan daging olahan melebihi batas yang disarankan oleh ahli kesehatan. Hal ini disebabkan karena ukuran daging pada jenis makanan berbeda-beda. Misalnya saja kalau kita makan bacon. Selain itu rasa yang lezat pada makanan daging olahan membuat penikmatnya lupa diri dan makan dalam jumlah yang banyak.

 

Bagi anda yang ingin mendapatkan asupan protein yang cukup, maka makan daging olahan bukan solusi yang tepat. Memang terdapat kandungan protein yang tinggi namun ingat daging juga kaya akan lemak yang bisa berbahaya bagi kesehatan jantung.

Baca Juga  Ternyata Memeluk Anak Mempunyai Manfaat Yang Besar Bagi Kesehatan

 

Perlu anda ketahui bahwa dalam sebuah daging merah terdapat banyak lemak jahat yang berbahaya yang meningkatkan kadar kolesterol jahat. Hal ini tentu berbeda dengan alpukat yang juga kaya lemak sehat yang justru bermanfaat bagi kesehatan yang tidak membuat kadar kolesterol menjadi naik. Banyak orang tahu kalau kadar kolesterol yang tinggi erat kaitannya dengan penyakit jantung dan pembuluh darah.

 

Apabila anda tergolong orang yang sangat suka mengkonsumsi jenis daging merah atau olahan daging, maka sangat disarankan untuk aktif bergerak untuk menurunkan resiko penyakit jantung.

Baca Juga  Dengan Rutin Berolahraga Aerobik, Bisa Turunkan Resiko Alzheimer

 

Untuk menghindari resiko penyakit jantung, maka para pakar sangat menyarankan untuk membatasi konsumsi daging merah atau jenis makanan olahan daging. Ini menjadi solusi yang paling baik. Anda bisa mendapatkan asupan protein dari sumber makanan lain yang lebih sehat seperti daging tanpa lemak, daging putih, dan aneka protein nabati yang lebih sehat.

Artikel Terkait : Terlalu Banyak Mengkonsumsi Daging Olahan Bisa Menyebabkan Panuaan Dini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *