Cara Alami Mengatasi Nyeri Sendi Yang Muncul Pada Suhu Dingin

header niko 728 x 90

InspirasiBersama.com – Bagi mereka yang mengalami rheumatoid arthritis tentunya sangat sensitif dengan suhu udara yang dingin. Pada saat udara sedang dingin, maka tak jarang nyeri pada sendi menjadi meningkat. Sampai saat ini para ilmuwan belum bisa menjelaskan tentang hubungan udara dingin dengan nyeri sendi yang meningkat.

Namun para ahli memperkirakan hal ini bisa terjadi karena saat udara sedang dingin, maka membuat banyak orang menjadi lebih stres atau bahkan depresi. Hal ini bisa menyebabkan kondisi nyeri yang meningkat pada sendi.

sumber gambar : http://radangsendi.org/

Selain itu saat kondisi suhu udara sedang dingin, maka kebanyakan orang akan menjadi malas beraktivitas. Padahal banyak bergerak bisa menjadi solusi untuk mengurangi rasa nyeri secara alami.

Baca Juga  Ini Dia Dampak Negatif Sering Menggunakan Korek Kuping

Apabila anda sering merasakan nyeri sendi yang meningkat saat udara dingin, maka para pakar kesehatan menyarankan untuk melakukan beberapa hal berikut yang bisa mengurangi rasa nyeri sendi :

1. Olahraga

Cara alami pertama untuk mengurangi rasa nyeri sendi pada udara dingin adalah dengan cara melakukan olahraga. Bukan hal baru kalau aktif bergerak atau berolahraga bisa menjadi pereda nyeri secara alami yang bisa dilakukan.

Baca Juga : Makanan Alami Yang Bisa Mengurangi Rasa Nyeri

2. Tidur

Cara alami yang kedua untuk mencegah terjadinya nyeri sendi saat udara dingin adalah dengan menjaga pola tidur yang cukup. Berdasarkan sebuah hasil studi menyebutkan kalau kurang tidur bisa memperburuk kondisi nyeri pada tubuh. Sebaliknya apabila kita bisa tidur dengan cukup, maka bisa menyebabkan suasana hati lebih bahagia dan menurunkan resiko nyeri.

Baca Juga  Manfaat Bayi Prematur Yang Tetap Mendapatkan ASI

3. Mengelola stres dengan baik

Yang perlu diketahui adalah kondisi stres bisa menyebabkan nyeri semakin buruk. Oleh karena itu sangat penting untuk bisa mengelola stres dengan baik sehingga tidak sampai berkepanjangan yang meningkatkan resiko nyeri yang terjadi.

4. Gunakan pemanas

Bagi anda yang sering merasakan nyeri meningkat saat suhu sedang dingin, maka cobalah untuk menggunakan air hangat untuk mengurangi rasa sakit. Anda bisa melakukan mandi air hangat atau hanya sekedar mengkompres pada bagian sendi yang nyeri.

Baca Juga  Berikut Kelompok Yang Sangat Rentan Terinfeksi HIV

5. Pakai baju hangat dan kaus kaki

Memakai baju yang panjang, tebal dan tertutup pada saat udara dingin memang membuat badan terasa lebih nyaman. Anda juga bisa menambahkan dengan menggunakan kaos kaki yang bisa menambah kehangatan yang bisa mengurangi nyeri yang terjadi.

Artikel Terkait : 3 Jenis Makanan Yang Bisa Menyebabkan Nyeri Sendi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *