Cara Alami Mengatasi Anak Yang Sedang Batuk

header niko 728 x 90

cara mengatasi anak yang sedang batuk

InspirasiBersama.com – Banyak masalah yang muncul saat buah hati kita sedang menderita batuk. Mulai dari tidur yang terganggu, nyeri pada tenggorokan, nafsu makan yang menurun, muntah bahkan terkadang sampai badannya panas. Banyak obat yang bisa meredakan batuka anak kita. Namun kali ini kita akan membahas cara alami mengatasi anak yang sedang batuk tanpa obat.

Pada dasarnya batuk yang dialami oleh anak kita akan bisa sembuh dengan sendirinya tanpa menggunakan terapi obat. Namun sebagai orang tua tentu menginginkan batuk tersebut bisa reda dengan segera. Solusinya adalah dengan menggunakan cara alami tanpa obat. Berikut cara mengatasinya :

– Pada batuk berdahak, saat anak kita mengalami batuk yang disertai dengan dahak, maka solusi alaminya adalah dengan banyak minum air putih (hangat). Dengan harapan bisa mengencerkan dahak yang terdapat pada tenggorokan sehingga mudah untuk keluar.

Baca Juga  Lebih Baik Mana ? Tisu atau Sapu Tangan Saat Kita Flu ?

– Jika batuk terjadi pada bayi yang berusia kurang dari eban bulan, maka solusinya adalah untuk memberikan ASI eksklusif karena bisa menjadi obat alami.

– Bagi bayi yang tidak mendapatkan ASI eksklusif, maka bisa dengan cara memberikan air putih 1-3 sendok teh 4 kali sehari.

– Solusi alami lain untuk menyembuhakan batuk adalah dengan menggunakan madu. Bahkan ini sudah dilakukan penelitian oleh American of Pediatric pada tahun 2008 yang menyebutkan bahwa kandungan pada madu sangat bagus untuk bisa mengobati anak yang sedang batuk. Bahkan madu disebut lebih baik dari pada dextromethrophan yang menjadi komposisi utama dalam obat batuk.
Namun para ahli menyarankan tidak memberikan madu pada anak yang berusia di bawah satu tahun karena bisa menyebabkan keracunan atau botulisme. Berikut dosis pemberian masu berdasarkan usia :

– Usia 2-5 tahun: 1/2 sendok teh
– Usia 6-11 tahun: madu 1 sendok teh
– Usia > 11 tahun: 2 sendok teh

Baca Juga  Mengapa Rambut Anak Saya Sering Kali Kusut ?

– Sering kita menjumpai kasus batuk yang terjadi pada anak bisa sampai menyumbat hidung anak kita. Cara mengatasinya adalah dengan cara membuat larutan alami dengan menggunakan garam sebanyak ½ – 1 sendok teh dicampur dalam segelas air putih. Kemudian kita bisa teteskan cairan tadi ke hidung anak kita 2-3 tetes, kemudian sedot dengan menggunakan suction atau alat penyedot ingus.

Bagi anak yang cukup besar, bisa menggunakan larutan garam tadi dengan cara dibuat berkumur untuk meredakan rasa nyeri tenggorokan akibat batuk.

– Kandungan camphor, mentol dan minyak eucaliptus yang terdapat pada balsem mampu meredakan batuk yang disertai pilek pada anak sekaligus membuat ank kita tidur dengan nyenyak. Caranya dengan mengoleskan balsem pada tubuh anak, tetapi jangan mengoleskan pada bagian bawah hidung.

Baca Juga  Tips Mencegah Terjadinya Infeksi Saat Hamil

– Bagi anak yang sering muntah saat batuk, maka solusinya berikan makan sedikt tapi sering.

– Hindari jenis makanan seperti es, permen, makanan berlemak dan cokelat karena bisa memicu batuk semakin parah.

– Jika anda sebagai seorang bapak yang mempunyai kebiasaan merokok, maka hindarkan asap rokok dari anak kita karena bisa memperparah batuk anak kita.

– Jangan terlalu banyak aktivitas, rayu anak kita untuk banyak istirahat dirumah.

 

Artikel Terkait : Cara Mengatasi Anak Yang Sedang Mimisan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *