Buah Mengandung Pemanis Alami Yang Lebih Sehat dibandingkan Dengan Gula

header niko 728 x 90

InspirasiBersama.com – Kalau kita mengkonsumsi buah-buahan, maka akan merasakan rasa manis. Ini merupakan gula alami yang lebih sehat dibandingkan dengan gula. Dengan kandungan gula alami yang terdapat pada buah, maka konsumsi buah bisa memberikan asupan energi bagi tubuh.

 

Menurut para pakar nutrisi mengatakan bahwa gula mempunyai peranan yang sangat penting yang berhubungan dengan pembentukan energi. Terlebih bagi gula alami yang banyak kita jumpai di berbagai jenis buah dan sayuran.

buah-dan-gula

buah mengandung gula alami yang lebih sehat

Hal yang berbeda terdapat pada banyak jenis makanan dan minuman yang banyak beredar. Hampir kebanyakan jenis makanan dan minuman menggunakan gula yang berasal dari gula pasir. Salah satu jenis minuman yang banyak kandungan gula tak alami adalah soda dan softdrink.

Baca Juga  Bahaya Cairan Zat Kimia Pada Mata

 

Mengkonsumsi gula alami yang banyak terkandung dalam buah dan sayuran memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Disamping untuk membentuk energi, dalam buah dan sayur banyak terkandung serat, vitamin dan mineral yang sangat dibutuhkan oleh tubuh.

Baca Juga : Apa Yang Akan Terjadi Jika Tubuh Kekurangan Serat ?

 

Menurut para pakar kesehatan mengatakan bahwa mengkonsumsi gula alami yang terkandung dalam buah dan sayur tidak menyebabkan kadar gula menjadi naik. Kondisi ini berbeda saat kita mengkonsumsi gula tak alami yang bisa memicu peningkatan kadar gula darah.

Baca Juga  Benarkah Gula Batu Bisa Bermanfaat Meredakan Flu dan Batuk ?

 

Meskipun demikian kita tidak boleh mengkonsumsi gula alami yang berasal dari buah maupun sayuran secara berlebihan. Jika kita mengkonsumsinya secara berlebihan, maka bisa juga menyebabkan gula darah menjadi meningkat yang membuat tubuh mengkonpensasinya dengan banyak menghasilkan insulin.

 

Saat dalam tubuh terdapat banyak jumlah insulin, maka glukosa akan dirubah menjadi sebuah lemak yang biasanya akan disimpan dalam perut. Kondisi ini menyebabkan perut kita banyak tumpukan lemak atau buncit. Kelebihan kadar gula darah juga erat kaitannya dengan resiko penyakit diabetes.

Baca Juga  Mengupas Manfaat Silaturahmi Bagi Kesehatan

 

Oleh karena itu para pakar menyarankan bagi anda yang suka mengkonsumsi buah untuk tidak mengkonsumsinya secara berlebihan. Disarankan hanya 2 sampai 3 porsi buah dalam sehari sudah cukup. Setelah itu tidak disarankan untuk mengkonsumsi gula tambahan dalam bentuk apapun.

Artikel Terkait : Bolehkah Penderita Diabetes Mengkonsumsi Buah Yang Manis ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *