Buah dan Sayuran Tertentu Bisa Juga Memicu Peningkatan Berat Badan

header niko 728 x 90

InspirasiBersama.com – Mungkin selama ini banyak orang beranggapan kalau makan buah dan sayuran sudah pasti akan tidak menyebabkan peningkatan berat badan. Ternyata berdasarkan sebuah hasil penelitian terbaru menyebutkan bahwa ada jenis buah dan sayur yang bisa memicu peningkatan berat badan.

Penelitian terbaru ini dilakukan oleh para ilmuwan yang berasal dari Amerika Serikat yang dilakukan selama 24 tahun. Studi tersebut diketahui telah melibatkan 133.000 yang terdiri dari wanita dan pria. Hasil penelitian ini juga sudah dipublikasikan dalam jurnal Plos Medicine.

sumber gambar : http://papasemar.com

Dari hasil penelitian ini menemukan bahwa meningkatkan asupan buah dan sayuran yang tergolong non-tepung bisa menghindarkan kita dari obesitas dan menurunkan resiko diabetes.

Baca Juga  Hati-hati Dalam Memilih Jenis Makanan Yang Bisa Memicu Obesitas

Baca Juga : Buah dan Sayuran Yang Mengandung Antioksidan Terbaik

Namun jika ternyata kita banyak mengkonsumsi buah dan sayuran yang tergolong tepung seperti jagung, kentang dan kacang polong ternyata justru bisa meningkatkan resiko kenaikan berat badan. Penelitian ini dipimpin oleh seorang ilmuwan yang bernama Monica Bertoia yang berasal dari Harvard University School of Public Helath yang berada di Boston.

Hasil penelitian ini telah membuat banyak ahli gizi dunia terkejut dan tidak menyangka kalau jenis buah dan sayuran tertentu bisa meningkatkan resiko obesitas.

Baca Juga  Informasi Kesehatan Yang paling Sering dicari di Google

Banyak para pakar yang mengatakan bahwa, yang membuat buah dan sayuran yang tergolong mengandung tepung bisa meningkatkan resiko obesitas adalah karena faktor kandungan glikemiknya.

Mengkonsumsi makanan yang hanya mengandung kadar glikemik yang rendah hanya bisa mengakibatkan lonjakan glukosa dalam darah yang relatif sedikit. Selain itu juga bisa menekan rasa lapar dan mengurangi jumlah kalori yang masuk dalam tubuh.

Ada banyak jenis sayuran yang tergolong hanya mengandung glikemik yang rendah, misalnya bayam, brokoli, kale, lobak, kembang kol, kubis, kedelai, cabai dan selada romaine. Sedangkan untuk jenis sayuran dengan kadar glikemik yang tinggi seperti jagung dan kentang.

Baca Juga  Inilah Penyebab Seorang Wanita Dewasa Ngompol

Salah satu jenis buah yang hanya mengandung kadar glikemaik yang rendah adalah buah beri. Sedangkan buah pisang kaya akan kandungan glikemik yang tinggi.

Artikel Terkait : Penderita Diabetes Tidak Boleh Sembarangan Konsumsi Buah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *