Bolehkah Obat Batuk Untuk Orang Dewasa diberikan Kepada Anak ?

header niko 728 x 90

Little girl with the flu - isolated

InspirasiBersama.com – Mungkin kita pernah berpikir apakah boleh obat batuk orang dewasa diberikan kepada anak ? Kita tahu bahwa batuk merupakan jenis penyakit yang sering kali melanda seorang anak. Terlebih lagi jika anak kita suka mengkonsumsi es, makanan manis, atau jenis buah tertentu yang bisa menyebabkan anak kita menjadi batuk.

Tahukah kita bahwa batuk merupakan respon alami tubuh untuk mengeluarkan benda asing yang terdapat pada saluran pernapasan. Adapun benda asing yang dimaksud adalah bakteri, virus, debu, kotoran dll. Dengan cara melakukan batuk, maka akan membuat benda asing tersebut bisa keluar.

Bagi seorang anak, penyakit yang sering kali dialami yang disertai dengan batuk adalah ISPA atau infeksi saluran pernapasan akut. Pada kondisi ini akan menyebabkan banyak penumpukan lendir atau sekret pada saluran pernapasan. Dengan munculnya banyak lendir atau sekret pada saluran pernapasan, maka tubuh akan melakukan respon secara alami untuk mengeluarkan lendir tersebut dengan cara batuk.

Baca Juga  Apa Pentingnya Melatih Anak Untuk Tidur Secara Teratur ?

Baca Juga : Cara Mengatasi Bayi Yang Hidungnya Tersumbat

Bagi orang dewasa, saat terdapat banyak lendir dalam saluran pernapasan, maka selain melakukan batuk kita juga bisa melakukan hal lain yang bisa membantu lendir bisa keluar. Hal ini tentu berbeda pada seorang anak, anak belum bisa melakukan usaha lain untuk mengeluarkan lendir selain melakukan batuk.

 

Kalau kita melihat komposisi obat batu pada orang dewasa, kebanyakan terdapat komposisi seperti kodein, dekstrometorfen dll. Kebanyakan dari komposisi obat batuk untuk orang dewasa adalah untuk menghambat refleks batuk. Sedangkan bagi seorang anak, batuk merupakan hal yang sangat penting untuk mengeluarkan benda asing yang terdapat pada saluran pernapasan.
Itu artinya apabila kita memberikan obat batuk untuk orang dewasa kepada anak akan menyebabkan anak kehilangan refleks untuk batuk yang sangat efektif untuk mengeluarkan tumpukan lendir. Dengan begitu akan membuat lebih banyak lagi tumpukan lendir dalam saluran pernapasan yang bisa memicu sesak napas. Apalagi bagi seorang anak yang mempunyai riwayat penyakit asma, kondisi ini akan membuat resiko sesak napas semakin tinggi.

Baca Juga  Beberapa Kesalahan Yang Sering dilakukan Saat Berlari Oleh Pemula

Jika anak kita mengalami batuk, maka tidak disarankan untuk diberikan obat batuk yang dikhususkan bagi orang dewasa. Yang harus kita lakukan adalah membawa anak kita ke dokter untuk mendapatkan terapi batuk yang sesuai agar cepat sembuh. Selain itu penting juga memperhatikan asupan cairan saat anak kita batuk. Berikan minum air putih yang cukup dan optimalkan dengan memberikan menu makanan yang bergizi.

Baca Juga  Apakah Anak Yang Mengalami Sakit Amandel Tak Boleh Minum Es ?

Artikel Terkait : Cara Alami Mengatasi Anak Yang Sedang Batuk

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *