Bolehkah Ibu Yang Menyusui Mengkonsumsi Kopi?

header niko 728 x 90

InspirasiBersama.com – Seperti halnya dengan ibu hamil, seorang ibu yang masih menyusui sebaiknya juga tetap menjaga pola makannya. Salah satu jenis makanan yang harus tetap di batasi yakni kafein.

Kafein selain dapat membuat anda merasa lebih semangat setelah mengkonsumsinya, juga dapat membuat anda terhindar dari rasa kantuk.

sumber gambar : http://ibumenyusui.club

Namun pada bayi, dampaknya dapat membuat anak mengalami susah tidur sehingga dapat membuat anak menjadi lebih rewel dan kelelahan.

Baca Juga  Bagaimana Caranya Agar Tidak Sakit Saat Liburan ?

Hal ini karena, ibu menyusui yang mengkonsumsi kafein baik itu dari kopi atau makanan yang ada kandungan kafeinnya, dapat membuat bayi ikut terpapar kafein melalui ASI.

Taukah anda jika efek kafein pada bayi bisa berlangsung sangat lama. Jika pada orang dewasa efek kafein dapat bertahan sekitar 4,9 jam, maka pada bayi dapat mencapai hingga 97,5 jam.

Sebuah hasil penelitian menunjukkan, jika pola tidur pada bayi yang berusia 3-6 bulan ternyata tidak terganggu oleh paparan kafein yang berasal dari ibunya.

Baca Juga  Dampak Kadar Gula Tinggi Bisa Merusak Organ Seksual

Namun, meskipun begitu jika anda ibu menyusui yang termasuk penyuka kopi harus tetap memperhatikan bayi anda apakah si bayi tidak bisa istirahat atau menjadi rewel setelah anda memberikan ASI, jika iya maka sebaiknya anda batasi komsumsi kafeinnya,

Kafein bukan hanya terdapat di kopi saja. Namun coklat,teh dan soda juga mengandung kafein. Namun kafein yang tertinggi memang ada pada kopi.

Baca Juga  Karakter Pria Yang Paling Didambakan Wanita

Artikel Terkait : Efek Samping Minum Kopi Saat Hamil

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *