Bolehkah Ibu Yang Hamil Tapi Masih Menyusui Si Kecil?

header niko 728 x 90

InspirasiBersama.com – Hamil lagi tetapi masih dalam masa menyusui si kecil boleh apa tidak ya? Hal ini memang membuat para ibu masih merasa bingung. Ada yang bilang tidak boleh karena bisa mengakibatkan keguguran, ada juga yang bilang kandungan ASInya sudah tidak bagus dan lain lain.

sumber gambar : http://sahabathawa.com/

Menurut Dr. Erza Gumilar .SpOG ibu yang hamil tetapi masih menyusui si kecil memang rentan mengalami kontraksi pada rahimnya, ini dikarenakan isapan mulut bayi pada puting susu dapat merangsang keluarnya hormon oksitosin. Hal inilah yang menyebabkan terjadi kontraksi pada rahim.

Baca Juga  Alasan Daerah Organ Intim Berwarna Lebih Gelap

Namun anda jangan khawatir karena Dr. Erza juga mengungkapkan jika ibu hamil juga masih diperbolehkan menyusui si kecil, Namun dengan catatan jika ibu merasakan kontraksi saat menyusui segeralah hubungi dokter anda, ini karena efek kontraksi bisa menyebabkan kelahiran prematur hingga keguguran.

Dr. Meta Hanindita SpA juga mengungkapkan jika ibu hamil yang masih menyusui si kecil di bolehkan asalkan tidak ada riwayat tertentu di kehamilan sebelumnya. Seperti pernah mengalami keguguran atau perdarahan.Dr.Meta juga mengatakan selama kehamilanya baik baik saja ibu hamil masih di bolehkan menyusui anaknya.

Baca Juga  Tips Mudah Mengenali 3 Jenis Miom

Itulah pentingnya mengatur jarak kelahiran. Dr. Erza juga menyarankan pada pasangan suami istri supaya merencanakan program kehamilan dengan jarak yang ideal, yaitu waktunya antara dua hingga tiga tahun. Hal ini juga sesuai dengan waktu idealnya memberikan ASI pada anak hingga usia dua tahun.

Sumber : Detik.com

Artikel Terkait : Bolehkah Wanita Hamil Naik Sepeda Motor ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *