Bolehkah Ibu Menyusui Mengkonsumsi Kopi ?

header niko 728 x 90

InspirasiBersama.com – Bagi seorang ibu yang sedang menyusui sangat disarankan untuk menjaga pola makan. Hal ini juga berlaku saat dia hamil.

Salah satu menjaga pola makan yang sehat bagi seorang ibu menyusui adalah mengurangi konsumsi kopi atau kafein.

Baca Juga : Efek Samping Minum Kopi Saat Hamil

sumber gambar : Tempo.co

Secara kesehatan, kafein memang bisa memberikan efek stimulan bagi tubuh sehingga setelah mengkonsumsinya kita akan merasa lebih bersemangat.

Jika hal ini dikonsumsi olah wanita menyusui, maka efeknya akan mengenai sang bayi. Kandungan kafein akan menjadi satu bersama ASI sehingga membuat bayi sulit untuk tidur.

Baca Juga  Benarkah Orang Yang Suka Melamun Pertanda Tak Bahagia ?

Bahkan menurut para pakar kesehatan, efek dari sebuah kafein yang dikonsumsi oleh anak akan jauh lebih lama sekitar 97,5 jam. Hal ini berneda dengan orang dewasa yang hanya sekitar 4,9 jam.

Ini artinya semakin bertambahnya usia seorang anak, maka respon tubuh saat ada kafein yang masuk menjadi lebih baik.

Meskipun dalam sebuah hasil penelitian menyebutkan bahwa bayi yang berusia 3 sampai 6 bulan tidak mendapatkan efek samping dari sebuah kafein yang dikonsumsi oleh seorang ibu. Namun para pakar kesehatan menyarankan kepada ibu untuk lebih memperhatikan bayi setelah mendapatkan ASI.

Baca Juga  Apa Bahayanya Jika Anda Merokok Dalam Ruangan ?

Apabila ternyata pasca pemberian ASI bayi menjadi lebih rewel dan sulit untuk tidur, maka disarankan untuk membatasi asupan kafein.

Yang perlu diketahui juga adalah kafein bukan hanya terdapat pada kopi saja. Beberapa jenis makanan lain seperti teh, soda dan cokelat juga mengandung kafein. Namun kopi menjadi minuman dengan kadar kafein yang paling tinggi.

Baca Juga  Untuk Yang Pengen Cepat Hamil Hindari Main Gadget Menjelang Tidur

Artikel Terkait : Bahaya Konsumsi Pemanis Buatan Bagi Ibu Hamil

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *