Bisakah Wanita Yang Berusia 50 Tahun Bisa Hamil ?

header niko 728 x 90

hamil usia tua

InspirasiBersama.com – Mungkin saat ini kita masih bertanya-tanya bisakah wanita yang berusia 50 tahun hamil ?. Pertanyaan ini juga tidak lepas kabar bahwa salah seorang penyanyi yang bernama Janet Jackson yang dikabarkan telah hamil pada usia yang mencapai 50 tahun.

Secara medis, peluang hamil pada wanita yang berusia lebih dari 40 tahun memang kecil. Namun bukan berarti hal ini tidak bisa terjadi. Hal ini dibuktikan bahwa pada tahun 2012, di AS ada sekitar 600 kelahiran yang dilahirkan oleh wanita yang berusia lebih dari 50 tahun.

Namun menurut seorang ahli obstetri dan ginekologi yang berasal dari Universitas of Nort California mengatakan bahwa wanita yang mengalami hamil pada usia lebih dari 40 tahun akan sangat beresiko mengalami keguguran.

Baca Juga  Para Wanita Wajib Tau Trik Yang Benar Saat Beli Bra Baru

Baca Juga : Sering Konsumsi Kafein Saat Hamil Meningkatkan Resiko Keguguran

Meskipun demikian, kehamilan secara alami yang terjadi pada usia lebih dari 50 tahun jarang terjadi. Biasanya kondisi ini akan berhasil melalui sebuah program kehamilan seperti donor sel telur atau ikut program kesuburan wanita. Meskipun demikian, para ahli tetap menyarankan kepada wanita yang berusia lebih dari 40 tahun tetap menggunakan kontrasepsi jika tidak menghendaki kehamilan.

Bukan hanya resiko keguguran saja, wanita yang hamil pada usia lebih dari 40 atau 50 tahun juga sangat rentan terhadap berbagai komplikasi selama hamil dan melahirkan.

Baca Juga  Tidur Dalam Posisi Ini Mampu Membantu Mengatasi Nyeri Saat Haid

Selain itu wanita yang hamil pada usia tua juga rentan mengalami kualitas sel telur yang kurang baik. Hal ini disebabkan karena faktor usia. Dengan rendahnya kualitas sel telur, maka meningkatkan resiko kelainan kromosom yang menyebabkan bayi lahir dengan kondisi cacat.

Bukan hanya itu saja, resiko hamil pada usia lebih dari 40 tahun akan rentan mengalami tekanan darah tinggi, diabetes dan preeklamsia yang bisa berbahaya bagi wanita hamil dan beresiko menyebabkan keguguran.

Saat seseorang wanita hamil pada usia mencapai 35 tahun, maka resiko keguguran akan mencapai 20 persen. Bahkan prosentase tersebut akan terus meningkat jika wanita tersebut berusia 45 tahun yang prosentase keguguran mencapai 80 persen.

Baca Juga  Apa Penyebab Sering Pusing Saat Bangun Tidur

Kondisi ini bisa lebih buruk jika kehamilan terjadi pada wanita yang berusia lanjut dan mempunyai riwayat diabetes atau obesitas. Dengan kondisi tersebut sangat sulit seorang wanita bisa melahirkan dengan normal.
Artikel Terkait : Usia Emas Seorang Wanita Melahirkan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *