Bisakah Susu Membuat Tulang Kita Sehat ?

header niko 728 x 90

InspirasiBersama.com – Selama ini kebanyakan orang beranggapan kalau dengan minum susu bisa membuat tulang kita sehat. Ternyata hal itu berbeda berdasarkan sebuah hasil studi lanjutan yang dilakukan di Swedia yang menyatakan bahwa ternyata mengkonsumsi susu tidak serta merta membuat tulang kita sehat dan kuat. Bahkan para peneliti menyampaikan kalau minum susu bisa juga berdampak buruk bagi kesehatan tulang. Mengapa hal ini bisa terjadi ?

Sebenarnya studi ini bukanlah yang pertama kalinya yang menyebutkan minum susu tidak banyak memberikan manfaat bagi kesehatan tulang manusia. Bahkan dalam studi lanjutan yang dilakukan di Swedia ini menemukan bahwa mereka yang mengkonsumsi susu dalam jumlah banyak erat kaitannya dengan kejadian patah tulang dan meningkatkan resiko kematian.

sumber gambar : Liputan6.com

Mungkin anda pernah juga merasakan nyeri perut atau perasaan yang tidak nyaman saat minum susu dalam jumlah yang banyak. Hal ini disebabkan karena susu mengandung laktosa, yang apabila jumlahnya terlalu banyak akan menyebabkan enzim pemecah laktosa dalam tubuh kita menjadi kuwalahan.

Baca Juga  Perlukah Melakukan Tes Genetik Ketika Ada Riwayat Keluarga Terkena Kanker Payudara ?

Baca Juga : Benarkah Susu Mentah Lebih Banyak Nutrisinya ?

Berdasarkan sebuah data menunjukkan kalau Amerika Serikat dan beberapa negara Eropa memiliki tingkat penderita osteoporosis yang tertinggi di dunia. Padahal kalau kita lihat, konsumsi susu negara tersebut terbilang paling besar di dunia. Hal ini menunjukkan kalau minum susu tidak mesti memberikan manfaat yang besar bagi kesehatan tulang.

Baca Juga  Lakukan Hal Ini Jika Anda Sering Stres Pada Akhir Pekan

Dalam studi yang dilakukan di Swedia juga menyebutkan bahayanya seorang wanita yang mengkonsumsi susu terlalu banyak dalam sehari. Diketahui kalau seorang wanita mengkonsumsi susu sampai lebih dari tiga gelas dalam sehari, maka bisa meningkatkan resiko kematian. Hal yang sama terjadi pada pria yang mengkonsumsi susu dalam jumlah yang banyak dalam setiap harinya.

Dengan adanya hasil studi ini bukan berarti minum susu merupakan hal yang buruk bagi kesehatan tulang. Jika susu yang dikonsumsi mempunyai kadar laktosa yang rendah dan berasal dari produk fermentasi, maka malah bisa menurunkan resiko terkena patah tulang dan menurunkan resiko kematian. Beberapa contohnya adalah keju dan yoghurt.

Baca Juga  Begini Caranya Agar Luka Bekas Operasi Cesar Cepat Sembuh

Bagi anda yang sangat suka mengkonsumsi susu, sebaiknya membatasi jumlah asupan dalam setiap harinya. Jangan sampai mengkonsumsi susu lebih dari tiga gelas dalam sehari. Selain itu pilihlah jenis susu hasil fermentasi dengan kadar laktosa yang lebih rendah.

Artikel Terkait : Apakah Aman Minum Susu Sapi Saat Hamil ?

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *