Bisakah Seorang Wanita Yang Menderita Kanker Reproduksi Hamil ?

header niko 728 x 90

sumber gambar : http://bidanku.com

InspirasiBersama.com – Bagi setiap wanita tentunya tidak menginginkan tidak punya anak. Namun bagi kalangan wanita yang menderita kanker, terutama pada organ reproduksi tentunya khawatir apakah peluang hamil masih tetap ada ?.

Menjawab pertanyaan ini, kami mengutip dari sebuah harian detik.com yang berasal dari salah seorang dokter RSPAD Gatot Subroto  yang bernama dr Toto Imam S.SpOg (K) Onk mengatakan bahwa wanita dengan kanker pada organ reproduksi masih ada peluang untuk hamil. Kondisi ini juga berlaku bagi mereka yang menjalankan program kemoterapi.

Baca Juga  Tips Agar Tetap Fit dan Bugar Di usia Tua

Kondisi ini sangat bergantung pada prosedur operasi yaitu dengan tetap mempertahankan organ reproduksi sang wanita. Jadi saat dilakukan operasi, maka tim dokter akan tetap mempertahankan organ rahim dan indung telur penderita, tentunya yang masih dalam kondisi normal atau sehat.

Bagi wanita penderita kanker organ reproduksi juga masih bisa kemungkinan hamil. Kemoterapi yang dilakukan memang memberikan efek pada tubuh, namun efek ini bersifat sementara. Seiring dengan waktu maka efek dari kemoterapi ini akan hilang dengan sendirinya sehingga potensi kehamilan masih tetap ada.

Baca Juga  Bahayakah Orang Yang Mengalami Resistensi Terhadap Antibiotik ?

Menurutnya, waktu yang terbilang aman untuk bisa hamil bagi penderita kanker reproduksi adalah satu tahun pasca melakukan kemoterapi terakhir. Dalam kenyataannya juga ada wanita yang bisa hamil hanya enam bulan pasca melakukan kemoterapi yang terakhir. Dan saat kelahiran juga tidak terdapat kelainan pada bayi yang dilahirkan.

Sumber : detik.com

Artikel Terkait : Tips Mencegah Kanker Serviks dan Payudara Pada Wanita

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *