Bisakah Seorang Anak Mengalami Kolesterol Yang Tinggi ?

header niko 728 x 90

InspirasiBersama.com – Berbicara tentang kolesterol, pasti kebanyakan orang beranggapan kalau hanya lekat dengan para orang yang sudah tua. Ternyata seorang anak juga bisa mengalami kadar kolesterol yang tinggi. Pasti hampir semua orang tua tidak mempunyai pemikiran untuk memeriksakan kolesterol pada anak.

Kondisi ini terjadi pada seorang anak laki-laki yang berusia 5 tahun dari Inggris. Dalam sebuah pemeriksaan diketahui anak ini mengalami hiperkolesterolemia femilial. Artinya adalah meningkatnya kadar kolesterol dalam darah yang disebabkan karena faktor genetik.

sumber gambar : http://www.cyberdakwah.net/

Kondisi ini akan bisa lebih buruk apabila anak tersebut mempunyai pola makan dan gaya hidup yang tidak sehat. Kita tahu bahwa meningkatkan kadar kolesterol dalam darah sangat dipengaruhi oleh makanan dan gaya hidup seseorang.

Baca Juga  Beberapa Hal Yang Tidak Disarankan Sebelum Berhubungan Intim

Baca Juga : Tips Mengenali Kadar Kolesterol Yang Tinggi

Apabila kadar kolesterol dalam tubuh seseorang tinggi, terutama kolesterol jahat atau LDL, maka akan memicu suatu sumbatan pada pembuluh darah termasuk arteri. Kondisi ini akan meningkatkan resiko gangguan jantung berupa serangan jantung yang mendadak.

Dari pemeriksaan dokter, anak tersebut diketahui mempunyai kadar kolesterol yang tinggi disebabkan karena sang ibu yang juga mempunyai riwayat kolesterol yang tinggi. Selain itu sang ibu juga mengaku kalau keluarganya punya riwayat penyakit jantung sejak usia muda.

Baca Juga  Cara Meredakan Batuk Dengan Obat Tradisional

Dari pengakuan ibu, dia memiliki seorang ayah yang juga meninggal pada usia 34 tahun karena serangan jantung. Selain ayah, kakeknya juga mengalami hal yang sama yaitu meninggal di usia 40 tahun karena penyakit jantung.

Dengan diketahuinya kadar kolesterol yang tinggi pada anak sejak usia dini, maka memberikan harapan usia lebih lama karena bisa mencegah terjadinya serangan jantung.

Belajar dari kasus ini, maka sebagai orang tua juga harus waspada kadar kolesterol yang tinggi pada seorang anak. Terlebih lagi jika ternyata ada riwayat keluarga yang mengalami kadar kolesterol yang tinggi maupun gangguan jantung.

Baca Juga  Kiat Memiliki Anak Yang Cerdas Sejak Dalam Kandungan

Sumber : Kompas.com

Artikel Terkait : Tips Agar Terhindar Dari Penyakit Jantung dan Stroke

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *