Bisakah Memulai Bisnis Tanpa Modal

header niko 728 x 90

bisnis tanpa modal

Artikel ini saya tulis karena adanya dorongan teman saya yang bertanya tentang bisnis tanpa modal. Saya sangat tertarik untuk menuliskan dalam blog saya. Berawal dari PHK yang dialami oleh teman saya munculah pertanyaan untuk memulai bisnis dengan sedikit modal atau tanpa modal namun menghasilkan rupiah yang tidak sedikit. Mungkin bagi kita sering bertanya – tanya mungkinkah mengawali sebuah bisnis dengan tanpa modal ? kita akan mengupas cara memulai bisnis tanpa modal yang bisa menghasilkan uang.

Artikel terkait : Tips Membuka Usaha dari Nol

Berdasarkan pengalaman saya yang sudah terjun di dunia online sejak 2009 ada beberapa model bisnis yang bisa kita jalankan tanpa mengeluarkan modal uang. Contohnya adalah bisnis reseller online. Saat ini bisnis reseller lagi booming di internet karena disamping tidak adanya modal uang untuk memulainya, juga keuntungan yang lumayan yang bisa didapat dari bisnis reseller ini. Namun dari pengalaman saya menjalankan bisnis reseller ini modal masih diperlukan dalam rangka melakukan promosi barang yang kita resellerkan.

Disini akan kita share berbagai macam model bisnis tanpa modal yang bisa kita lakukan baik secara online atau offline. Berikut macam –macam bisnis yang minim modal :

  1. Profesi Menjadi Penulis Lepas

Model bisnis ini bisa kita lakukan dirumah secara online. Kita bisa mengajukan diri ke beberapa jasa penulis artikel agar kita bisa bantu menuliskan artikel dan kita akan dibayar untuk artikel yang telah kita buat. Dalam hal ini kita membutuhkan sebuah komputer dan tentunya sambungan internet karena sistem kerjanya via email. Penghasilan yang didapat memang tidak besar akan tetapi lumayan untuk tambahan penghasilan karena kita hanya dituntut untuk kreatif membuat artikel yang original alias tidak copy paste. Jadi kalau kita coba hitung modal yang diperlukan untuk memulai bisnis ini adalah komputer/laptop dan biaya internet selama 1 bulan.

  1. Menjadi Penjual Produk Orang Lain (reseller atau dropship)
Baca Juga  Tempat Belajar Bisnis Online di Simalungun

Bisnis yang ke dua yang bisa kita lakukan adalah menjualkan barang orang lain atau reseller dropship. Enaknya bisnis ini adalah kita tidak mengeluarkan modal untuk stok barang akan tetepi kita hanya menjualkan barang orang lain. Yang menjadi pekerjaan kita hanyalah membantu menjualkan dengan harga yang kita tentukan sendiri. Keuntungan yang didapat juga lumayan besar karena kita bebas menentukan harga jual sendiri tetapi kita juga harus mempertimbangkan harga yang umum dipasaran.

Hal – hal yang perlu dipertimbangkan dalam bisnis reseller adalah kualitas barang yang kita bantu jualkan. Apakah kualitasnya bagus atau jelek ? apabila kualitas bagus maka besar kemungkinan bisnis reseller kita bisa bertahan lama, sebaliknya apabila kualitas barang yang kita jual jelek maka tidak akan bertahan lama karena sekali customer merasa dirugikan dia tidak akan kembali untuk membeli barang kita. Dan testimoni buruk pelanggan akan cepat sekali tersebar dan ini menjadi bumerang bagi kelangsungan bisnis kita.

Tips selanjutnya dalam bisnis reseller adalah pandai – pandai dalam mencari agen atau supplier yang benar – benar kredibel. Artinya barang tersedia dalam jumlah yang banyak, alamat agen atau suplier yang jelas sehingga kalau sewaktu – waktu ada customer minta refund atau retur barang bisa dilakukan. Yang tidak kalah pentingnya dalam memilih supplier adalah adanya kebijakan retur atau refund. Artinya apabila ada customer yang beli barang kemudian barang rusak bisa di retur atau ditukar dengan barang yang sama, atau customer minta refund ( pengembalian uang ). Apabila agen atau supplier menyediakan fasilitas ini ( retur dan refund ) dapat dipastikan agen atau supplier anda kredibel.

Baca Juga  Belajar Bisnis Online di Banda Aceh

Penghasilan dari bisnis reseller dropship ini berfariasi antara 2 – 10 juta/bulan tergantung kemampuan kita dalam marketing atau promosi. Menurut pengalaman yang pernah saya lakukan dalam bisnis reseller dropship ini kita tetap harus mengeluarkan uang untuk biaya promosinya. Apabila kita mengeti cara berpromosi yang efektif maka keuntungan besar bisa kita raih, sebaliknya jika kita tidak mengerti ilmu internet marketingnya maka keuntungan di atas hanyalah impian saja tanpa bisa kita raih. Jika ingin belajar serius di bisnis ini saya rekomendasikan untuk mulai belajar free membernya di sini

  1. Menjadi Seorang Blogger 

Blogger adalah sebutan untuk orang – orang yang mempunyai banyak blog. Ya dengan mempunyai banyak blog dan dengan traffik kunjungan yang tinggi maka kita bisa punya penghasilan puluhan juta/bulan dari bisnis menjadi seorang blogger. Yang perlu diperhatikan dalam bisnis ini adalah kemampuan membuat sebuah blog sederhana, sedikit kemampuan menulis artikel sendiri, riset kata kunci yang tepat, dan yang terakhir adalah memahami SEO.

Bagaimana caranya seorang blogger atau pemilik blog bisa menghasilkan puluhan bahkan ratusan juta / bulan ? begini garis besarnya…seorang blogger menyediakan sebuah website dengan berbagai macam artikel di dalamnya sehingga banyak orang yang mencari informasi tersebut dan akhirnya berkunjung ke website/ blog kita. Dengan banyaknya pengunjung blog yang mencari informasi tertentu di website kita maka besar kemungkinan para pengunjung melakukan klik sana sini dan akhirnya klik iklan yang ada di website kita. Inilah penghasilan yang di dapat dari seorang blogger myang mengharap para pengunjung blognya untuk secara tidak sengaja melakukan klik pada iklan yang terpampang di website/ blog kita. Ini dinamakan PPC ( Pay Per Click ).

Baca Juga  SB1M Probolinggo

Ada banyak macam PPC yang terkenal yaitu google Adsense. Sudah banyak teman – teman kita asli Indonesia yang berpenghasilan ratusan juta/bulan dari ikut bisnis PPC google Adsense ini. Adsense adalah program PPC ( Pay Per Click ) yang dimilki oleh google yang diberikan kepada para bloggger di seluruh Indonesia. Mungkin kita pernah browsing informasi tertentu di internet kemudian kita melihat ada iklan – iklan muncul di website tersebut, itulah iklan Adsense. Penghasilan yang di dapat berupa $ ( Dollar ) karena yang punya Adsense adalah google sendiri yang bermarkas di USA. Dan penghasilannya berupa cek yang nantinya bisa kita cairkan di bank lokal Indonesia.

Artikel terkait : Cara Berbisnis Online

Demikian beberapa informasi tentang bisnis tanpa modal yang bisa kita lakukan di rumah. Anda bisa memilih sendiri model bisnis yang sesuai dengan passion atau kesukaan kita masing – masing. Namun yang terpenting di sini adalah kita memahami ilmunya dari masing-masing bisnis di atas. Karena berdasarkan pengalaman saya sendiri yang telah menjalankan berbagai bisnis di atas selama 5 tahunan adalah kita harus mempunyai seorang guru yang benar-benar sukses di bidang bisnis tersebut. Ini penting karena kita tidak lagi mencoba-coba sendiri mulai dari Nol, akan tetapi kita sudah diberi tips-tips oleh para ahlinya sehingga menghemat waktu dan tentunya biaya.

ibu rumah tangga 2 - banner 300

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *