Bisakah Kebiasaan Minum Minuman Bersoda Memicu Diabetes ?

header niko 728 x 90

InspirasiBersama.com – Tahukah kita bahwa kebiasaan suka mengkonsumsi minuman bersoda juga bisa memicu diabetes. Hal ini dibuktikan dalam sebuah studi terbaru dan juga sudah dipublikasikan dalam jurnal yang bernama The Journal of Nutritiaon.

Yang harus kita waspadai adalah kondisi pre-diabetes, yaitu meningkatnya kadar gula darah lebih dari batas normal yang menjadi tahap awal penyakit diabetes tipe-2.

sumber gambar : http://www.sarankesehatan.com

Dalam studi terbaru tersebut diketahui telah melibatkan 1.600 orang yang tergolong suka mengkonsumsi minuman bersoda. Diketahui bahwa mereka yang punya kebiasaan mengkonsumsi minuman bersoda lebih dari 3 kali dalam seminggu, maka resiko terkena diabetes sebesar 46 persen.

Baca Juga  Manfaat Konsumsi Toge Bagi Kesehatan Sperma

Menurut para pakar kesehatan, yang menjadi pemudi minuman bersoda bisa memicu diabetes adalah disebabkan karena kandungan glukosa dan fruktosanya yang tinggi.

Apabila kita sering mengkonsumsinya, maka bisa menyebabkan naiknya kadar gula dalam darah. Jika hal ini dilakukan dalam jangka waktu yang lama, maka lama-kelamaan akan merusak pankreas yang menghasilkan insulin yang berfungsi menstabilkan gula darah. Akibatnya insulin menjadi resisten terhadap glukosa yang membuat kadar gula dalam darah tidak bisa dikendalikan.

Baca Juga  Kenali Beberapa Penyebab Utama Wanita Sulit Hamil

Baca Juga : Bahaya Komplikasi Diabetes Yang Mematikan

Bagi anda yang saat ini sudah terdiagnosa pre-diabetes, maka sangat disarankan untuk segera merubah gaya hidup dan pola makan. Lebih banyak konsumsi buah dan sayuran dan kurangi konsumsi makanan yang kaya kandungan karbohidrat non-kompleks. Selain itu anda juga harus lebih banyak melakukan aktivitas fisik.

Selain itu penting juga untuk menurunkan berat badan yang berlebih. Dengan memiliki berat badan yang lebih ideal, maka bisa menurunkan resiko diabetes. Yang tidak kalah penting adalah rutin melakukan cek kadar gula darah.

Baca Juga  Cara Mengenali Anak Yang Memiliki Bakat Terpendam

Artikel Terkait : Sulit Menyembuhkan Diabetes, Oleh Karena Itu Sangat disarankan Untuk Mencegahnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *