Bisakah Depresi Menurun Kepada Anak Perempuan ?

header niko 728 x 90

penyebab anak perempuan depresi

InspirasiBersama.com – Banyak orang tua yang bertanya-tanya bisakah depresi menurun kepada anak perempuan ?. Berdasarkan sebuah hasil penelitian yang dirilis oleh Journal of Neurisscience mengatakan bahwa seorang ibu yang sering mengalami depresi bisa menurun kepada anak perempuan. Mengapa ini bisa terjadi ?

Para peneliti melakukan sebuah pengamatan terhadap struktur otak yang disebut dengan corticolimbic dengan melibatkan 35 keluarga. Corticolimbic adalah bagian otak yang sangat berperan dalam menentukan emosional seseorang seperti rasa senang dan depresi.

Baca Juga  Tidak disarankan Melakukan Hot Yoga Selama Hamil

Para peneliti melakukan pengukuran terhadap Grey Matter Volume (GMV) dengan bantuan scan MRI terhadap sistem corticolimbic antara orang tua dan anak. Hasilnya adalah bagi ibu dan anak perempuan mempunyai pengaruh yang cukup signifikan dibandingkan dengan ayah terhadap anak perempuan.

Meskipun demikian, depresi yang sering melanda anak perempuan bukan hanya disebabkan oleh faktor internal berupa keturunan saja, tetapi faktor luar atau lingkungan juga sangat mempengaruhi depresi anak. Hal ini berdasarkan sebuah penelitian yang dilakukan oleh University of California, San Francisco.

Baca Juga  Manfaat Buah Pisang Untuk Ibu Hamil

Memang saat ibu sedang hamil dan sering mengalami stres, berdasarkan sebuah penelitian sebelumnya menyatakan akan mempengaruhi struktur otak pada bayi perempuan yang dikandung.

Untuk menghindari memiliki anak perempuan yang mudah mengalami depresi, maka sangat disarankan bagi wanita yang hamil untuk menghindari stres karena bisa mempengaruhi struktur otak anak sejak ada dalam kandungan. Selain itu orang tua juga harus mengontrol lingkungan anak sehingga anak tidak mudah mengalami depresi.

Baca Juga  Seberapa Banyak Kita Boleh Mengkonsumsi Air Putih Dalam Sehari ?

 

Artikel Terkait : Banyak Bersyukur dan Sedekah Mampu Meredakan Depresi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *