Bingung Memilih Jenis Kontrasepsi Yang Aman Bagi Ibu Menyusui ?

header niko 728 x 90

InspirasiBersama.com – Bagi seorang ibu yang baru saja melahirkan tentunya tidak menginginkan mendapatkan momongan lagi. Hal ini dikarenakan bayi masih sangat kecil dan belum berusia satu atau dua tahun. Banyak para ibu yang kebingungan memilih jenis kontrasepsi yang aman bagi wanita menyusui. Mereka takut kalau menggunakan kontrasepsi tertentu bisa menyebabkan produksi ASI menurun atau bahkan tidak keluar sama sekali.

kontrasepsi-ibu-menyusui

sumber gambar : tips-sehat-keluarga-bunda.blogspot.com

Melakukan jeda memiliki momongan sangat penting diperhatikan oleh para ibu yang pasca melahirkan. Hal ini disebabkan karena pasca persalinan banyak organ tubuh ibu yang masih dalam proses pemulihan dan belum siap untuk hamil lagi. Setidaknya para ahli menyarankan untuk menunda kehamilan berikutnya setelah satu tahun pasca melahirkan anak pertama.

Untuk menghindari kehamilan sebelum satu tahun pasca melahirkan, maka banyak ibu yang lebih memilih menggunakan kontrasepsi untuk mencegah kehamilan. Kontrasepsi memang menjadi suatu pilihan yang tepat agar memberi jeda waktu untuk kehamilan berikutnya. Pilihan yang paling tepat bagi ibu yang sedang menyusui adalah menggunakan jenis kontrasepsi non-hormonal, contohnya adalah melakukan KB secara alami.

Baca Juga  Bagaimana Cara Mengatasi Anak Yang Trauma ?

Banyak para ibu yang menyusui yang belum mengetahui kalau sebenarnya kegiatan menyusui itu sendiri sudah bisa dikatakan sebagai kontrasepsi alami. Mengapa demikian ? Saat proses menyusui pada ibu pasca melahirkan akan membuat produksi hormon prolaktin meningkat. Padahal salah satu fungsi yang lain dari hormon prolaktin ini adalah mencegah matangnya sel telur seorang wanita.

Yang perlu diperhatikan disini adalah seorang ibu harus menyusui anaknya secara langsung, bukan memeras ASI kemudian diberikan kepada anak dengan bantuan botol. Selain itu tidak disarankan untuk mengkombinasi pemberian ASI dan formula kepada bayi.

Baca Juga  Apa Tandanya Jika Anak Mempunyai Gizi Yang Buruk

Memang benar kalau ibu menyusui yang sembarangan menggunakan kontrasepsi bisa menyebabkan produksi ASI menjadi menurun. Hal ini tentu berdampak kurang baik bagi bayi yang baru saja dilahirkan. Bukan hanya menurun, penggunaan kontrasepsi hormonal pada ibu yang sedang menyusui bisa menyebabkan ASI berhenti produksi.

Baca Juga : Benarkah Produksi ASI dipengaruhi Oleh Ukuran Payudara ?

Selain menggunakan kontrasepsi alami yang paling disarankan, ibu menyusui juga bisa menggunakan kontrasepsi jenis IUD (KB  Spiral) dan implan. Kedua jenis kontrasepsi ini bisa menjadi pilihan seorang ibu yang sedang menyusui.

Jika seorang ibu menyusui memilih jenis kontrasepsi IUD, maka tingkat efektivitasnya memang sangat tinggi atau sekitar 99%. Namun periode penggunaan IUD ini terbilang cukup lama sekitar 3,5 dan 10 tahun. Namun bukan berarti IUD tidak memiliki kekurangan, banyak wanita yang mengeluhkan nyeri pada perut atau kram yang terjadi saat menstruasi, dan darah yang dikeluarkan jumlahnya cukup banyak.

Baca Juga  Mengapa Setelah Makan Terasa Sakit Perut ?

Anda juga bisa memilih jenis kontrasepsi implan yang dilakukan ditaruh pada bawah kulit biasanya pada lengan wanita. Kontrasepsi implan ini mengandung sebuah hormon progestin. Untuk efektivitasnya juga cukup tinggi seperti halnya pada IUD. Itulah beberapa jenis kontrasepsi yang aman bagi ibu yang sedang menyusui, semoga bermanfaat.

Artikel Terkait : Manfaat Menyusui Bagi Ibu dan Bayi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *