Bingung Karena Sering Terasa Nyeri Saat Bangun Tidur ? Ini Penjelasan Ilmiahnya

header niko 728 x 90

InspirasiBersama.com – Bagi sebagian orang ada yang sering merasakan keluhan nyeri saat bangun tidur. Kondisi ini tentu tidak nyaman karena harapan untuk bisa segar kembali dan bersemangat setelah bangun tidur pupus sudah. Apa sebenarnya yang menyebabkan hal ini ? Secara umum biasanya disebabkan karena posisi tidur yang salah.

nyeri-setelah-bangun-tidur

sumber gambar : kabarimbo.com

Bukan hanya itu saja, terkadang menggunakan bantal yang terlalu keras juga bisa menyebabkan kita bangun terasa nyeri. Tahukah kita bahwa dengan cara tidur, maka sebenarnya tubuh kita berusaha untuk melawan suatu proses inflamasi. Bisa juga rasa nyeri terjadi saat kita bangun tidur proses inflamasi masih saja terus berjalan sehingga menimbulkan rasa nyeri.

Baca Juga  Daftar Harga Program Bayi Tabung di Indonesia

Baca Juga : Pengaruh Posisi Tidur Terhadap Kesehatan

Untuk mencari tahu tentang hal ini, maka dilakukan sebuah penelitian. Studi ini dilakukan untuk mengetahui sel manusia mereka yang mempunyai riwayat sakit RA (Rheumatoid Artritis). Orang dengan kondisi RA sering kali merasakan rasa nyeri pada daerah persendian yang berlangsung sepanjang hari.

Dalam studi tersebut para peneliti menggunakan tikus sebagai mediator untuk mengetahui penyebab nyeri yang sering dirasakan manusia saat bangun tidur. Hasilnya adalah saat tikus tersebut mendapatkan paparan cahaya, maka menunjukkan kalau cakar tikus mengalami pembengkakan dan ada tanda inflamasi. Namun saat malam hari atau kondisi gelap, maka tanda inflamasi tersebut cenderung turun.

Baca Juga  Mengapa Banyak Orang Yang Tergoda Untuk Memencet Jerawat ?

 

Hal ini sangat erat kaitannya dengan sirkadian tubuh manusia. Artinya adalah ini berjalan secara alamiah tentang jam biologis manusia yang menentukan kapan harus istirahat dan bangun tidur.

 

Dengan adanya hasil studi tersebut dapat disimpulkan bahwa rasa nyeri yang sering terjadi saat kita tidur sangat erat kaitannya dengan proses inflamasi pada tubuh. Secara alamiah saat kita tidur, maka proses inflamasi tersebut akan menurun namun setelah kita bangun proses tersebut kembali muncul. Ini sudah menjadi siklus sirkadian tubuh manusia.

Meskipun demikian, jika kita sering merasakan nyeri setelah bangun tidur jangan lupa untuk memperhatikan posisi tidur dan bantal atau kasur yang kita gunakan. Tidur dengan kondisi kurang nyaman juga bisa meningkatkan resiko nyeri saat kita bangun tidur. Coba perbaiki posisi tidur anda dengan benar dan gunakan bahan yang lebih lembut pada bantal.

Baca Juga  Protein Mempunyai Peranan Yang Penting Dalam Membentuk Otot

Artikel Terkait : Beberapa Kebiasaan Yang Bisa Menyebabkan Sakit Leher

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *