Bingung Bagaimana Cara Berkomunikasi Yang Baik Pada Bayi ? Ini Tipsnya

header niko 728 x 90

InspirasiBersama.com – Seorang bayi sangatlah penting untuk diajak komunikasi dengan orang tuanya. Meskipun seorang bayi belum bisa berbicara dengan orang lain. Namun banyak orang tua yang belum tahu bagaimana cara berkomunikasi yang baik dengan bayi.

 

Mengajak komunikasi kepada seorang bayi tidak seperti kita berbicara dengan orang lain atau anak yang sudah besar. Menurut seorang pakar bahasa yang berasal dari Australia mengatakan bahwa untuk bisa berkomunikasi yang baik dengan bayi, maka harus memperhatikan emosi, ritme, volume dan struktur karakteristik.

komunikasi-yang-baik-pada-bayi

sumber gambar : www.satuharapan.com

Untuk membahasnya secara lengkap, mari kita bahas lebih detail tentang bagaimana cara berkomunikasi yang baik dengan seorang bayi :

Baca Juga  Melakukan Pekerjaan Yang Membosankan Bisa Menyebabkan Mental Kurang Sehat

 

Frekuensi dan volume
Hal pertama yang harus diperhatikan dalam berkomunikasi dengan bayi adalah memperhatikan frekuensi dan volume. Kita harus bisa membedakan saat berbicara dengan anak yang lebih besar dengan anak yang masih bayi terutama dalam hal frekuensi dan volume.

 

Sangat disarankan untuk banyak melakukan komunikasi kepada bayi. Hal ini akan membuat bayi kaya akan kosa kata sehingga saat usia 3 tahun mereka akan lebih banyak mengenal kata yang berpengaruh pada kemampuan bahasa dan membaca.

Baca Juga : Dampak Buruk Bayi Yang Sering Mengisap Jari

 

Melakukan komunikasi kepada bayi jangan menggunakan ritme yang cepat dan volume yang keras. Lakukan komunikasi dengan lembut dan intonasi yang pelan jangan terlalu cepat.

Baca Juga  Tips Agar Jantung Tetap Sehat Selama Liburan

 

Bahasa tubuh dan isyarat visual
Hal kedua yang harus diperhatikan dalam komunikasi dengan bayi adalah memperhatikan bahasa tubuh dan isyarat visual. Saat berbicara dengan bayi sangat penting untuk diiringi dengan isyarat tubuh seperti senyum atau lambaian tangan.

 

Dengan diiringi dengan bahasa tubuh dan isyarat visual yang baik, maka membuat seorang bayi lebih mudah mengerti maksud komunikasi kita. Bayi akan mudah untuk tersenyum dan memahami ucapan kita.

 

Kontak mata
Tips yang ketiga untuk melakukan komunikasi yang baik kepada bayi adalah memperhatikan kontak mata. Dengan melakukan kontak mata saat berkomunikasi pada bayi, maka akan meningkatkan rasa perhatian sehingga bayi merasa lebih nyaman dan senang.

Baca Juga  Remaja Yang Sering Mendapatkan Ejekan Gemuk Akan Merusak Kesehatan Mental

Cara berkomunikasi ini perlu diperhatikan oleh para orang tua yang memiliki bayi. Dengan menerapkan tips diatas, maka akan memberikan efek yang lebih bagus bagi perkembangan bayi terutama dalam hal kemampuan bahasa dan membaca saat usia sekolah nanti.

Sumber : Kompas

Artikel Terkait : Manfaat Terapi Musik Bagi Bayi

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *