Bersentuhan Dengan Orang Lain Memberi Banyak Manfaat Bagi Kesehatan

header niko 728 x 90

InspirasiBersama.com – Kulit bagi manusia merupakan indera peraba yang bukan hanya berfungsi merasakan benda asing saja, ternyata kulit juga bisa memberikan kesan bahagia, terharu dan menyakitkan dari orang lain. Seperti halnya bersentuhan dengan orang lain, ternyata mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan.

Kita patut bersyukur karena kulit kita dibekali oleh Tuhan sebuah sel yang bisa berfungsi sebagai penyampai informasi saat bersentuhan dengan kulit orang lain. Sel-sel kulit tersebut dinamakan sel merkel.

manfaat-jabat-tangan

sumber gambar : http://jokowarino.id/

Cara kerjanya adalah saat ada sebuah sentuhan dengan orang lain, maka sel merker kulit akan berusaha mengirimkan sebuah data ke susunan saraf pusat. Kalau sifat sentuhan bersifat bahagia, maka tubuh akan mengirimkan respon dengan cara memproduksi sebuah hormon yang disebut dengan oksitosin. Kegiatan ini bisa muncul saat kita berjabat tangan atau berpelukan dengan orang lain.

Baca Juga  Mengapa Banyak Lansia di Spanyol Yang Mempunyai Umur Panjang ?

Baca Juga : Ada 7 Manfaat Berpelukan Bagi Kesehatan

 

Ada banyak sekali manfaat yang akan kita dapatkan dengan diproduksinya hormon oksitosin ini. Hal yang utama adalah kita akan merasakan rasa bahagia, meningkatkan rasa kepercayaan dengan orang lain, bisa meningkatkan produksi ASI, meningkatkan ikatan antara ibu dan anak dan baik untuk meningkatkan kontraksi rahim saat persalinan.

Baca Juga  Resiko Sering Konsumsi Makanan Olahan Meningkatkan Resiko Radang Usus

 

Berdasarkan sebuah hasil penelitian menyebutkan kalau sentuhan dengan orang lain yang bersifat lembut, empati memberikan banyak manfaat kesehatan bagi tubuh kita.

 

Sentuhan yang sering kita lakukan dengan orang lain menjadi sebuah bentuk atau cara berinteraksi dengan orang lain. Oleh karena itu dalam ajaran Islam penting sekali untuk berjabat tangan saat kita bertemu dengan orang lain. Kebiasaan ini terbukti secara ilmiah bisa meningkatkan rasa kebahagiaan sehingga sangat bagus bagi kesehatan.

 

Baca Juga  Berikut Alasan Kenapa Ada Orang Yang Banyak Makan Tetapi Tidak Gemuk

Namun hal ini bisa terjadi jika sentuhan yang kita berikan penuh dengan rasa kasih sayang, empati dan menghargai. Jika sentuhan yang kita lakukan tidak didasari dengan rasa tersebut, maka kita tidak akan mendapatkan manfaat dari segi kesehatan.

Artikel Terkait : Manfaat Banyak Sedekah dan Bersyukur Bagi Kesehatan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *