Berikut Tips Memiliki Jantung Yang Sehat Dengan Mudah

header niko 728 x 90

menjaga kesehatan jantung

InspirasiBersama.com – Jantung adalah organ tubuh yang mempunyai peranan yang sangat vital. Saking vitalnya, jantung kerap disebut sebagai organ terpenting bagi tubuh manusia. Dengan fungsinya yang sangat vital, maka seyogyanya kita merawat dan menjaga agar jantung kita tetap sehat. Ada beberapa tips untuk memiliki jantung yang sehat dengan langkah yang mudah.

Saat ini penyakit jantung atau kardiovaskuler menjadi pembunuh pertama tertinggi di Indonesia. Bahkan sekarang ini penderita penyakit jantung sudah merambah pada usia muda. Hal ini disebabkan oleh banyak faktor terutama pola hidup dan pola makan.

Kesehatan jantung manusia sangat erat kaitannya dengan gaya hidup seseorang. Bagi mereka yang tidak memperhatikan gaya hidup, maka bersiap-siaplah akan penyakit jantung yang sangat mematikan ini. Berikut beberapa tips memiliki jantung yang sehat dengan mudah :

1. Aktif secara seksual
Langkah mudah pertama yang harus anda lakukan adalah melakukan hubungan seks bersama pasangan lebih sering. Berdasarkan sebuah hasil studi menyebutkan bagi pria yang jarang melakukan hubungan seksual dengan pasangan misalnya hanya sebulan satu kali, maka beresiko tinggi terkena penyakit jantung. Berbeda saat anda melakukan hubungan seks seminggu dua sampai tiga kali.

Baca Juga  Imunitas Tubuh Bisa Turun Jika Kita Terlalu Banyak Mengkonsumsi Lemak

2. Ukur denyut nadi
Selanjutnya adalah mengetahui denyut nadi normal anda. Caranya adalah saat kita bangun tidur cobalah untuk menyempatkan menghitung denyut nadi kita selama satu menit. Jantung yang normal memiliki denyut nadi sekitar 70 bpm atau kurang. Apabila denyut nadi anda setelah bangun tidur melebihi itu maka disarankan untuk melakukan pemeriksaan ke dokter jantung.

3. Hindari udara kotor
Saat kita sering terpapar polusi udara yang kotor akan membuat pembuluh darah kita terutama pembuluh darah karotis akan menjadi kaku. Normal pembuluh darah adalah lentur sehingga tidak menimbulkan penyumbatan akibat lemak atau plak dalam darah.

4. Turunkan Kolesterol
Langkah selanjutnya adalah anda harus menjaga kadar kolesterol yang normal dalam darah. Saat seseorang mengalami peningkatan kolesterol, maka akan meningkatkan resiko terkena penyakit jantung. Salah satu caranya adalah menjaga berat badan supaya tidak gemuk. Orang yang gemuk cenderung memiliki kadar kolesterol yang lebih tinggi. Untuk itu anda harus menjaga pola makan yang sehat.
5. Aktif bergerak
Olahraga secara rutin menjadi salah satu kunci jantung menjadi sehat. Lakukan olahraga secara rutin setiap hari terserah jenis olahraga apa yang anda sukai. Lakukan secara rutin selama 30 menit. Olahraga secara teratur juga sangat bagus dalam menurunkan kadar kolesterol yang tinggi.

Baca Juga  Dampak Negatif Terlalu Lama Nonton Televisi Bisa Membuat Bodoh

6. Rileks

Bagi anda saat ini yang sangat disibukkan dengan pekerjaan, maka cobalah berfikir lebih sehat. Tuntutan pekerjaan yang tinggi banyak membuat orang melupakan pentingnya kesehatan. Misalnya menjadi kurang tidur, stres, pola makan yang tidak sehat serta tidak sempat melakukan olahraga. Kebiasaan yang seperti ini akan menyebabkan jantung kita tidak sehat. Apa gunanya punya uang banyak kalau kita sendiri tidak sehat.

7. Istirahat cukup
Lakukan istirahat tidur secara cukup pada malam hari antara 7-8 jam. Orang yang mengalami insomnia atau gangguan tidur akan memiliki resiko lebih tinggi 45% terkena penyakit jantung dibandingkan dengan mereka yang memiliki kualitas tidur yang baik pada malam hari. Namun anda juga tidak boleh tidur melebihi 10 jam pada malam hari karena juga bisa meningkatkan resiko penyakit jantung.

Baca Juga  Bolehkah Wanita Hamil Naik Sepeda Motor ?

8. Pantau porsi makan
Menjaga pola makan yang sehat adalah kunci memiliki jantung yang sehat. Saat kita tidak bisa menerapkan pola makan yang sehat maka kita akan beresiko besar terkena penyakit jantung. Kebanyakan orang tidak memikirkan kualitas menu makanan yang dia makan, mereka hanya berpikir yang penting perut kenyang. Saat anda memiliki pemikiran yang seperti ini, maka anda akan beresiko mengalami peningkatan berat badan dan mempunyai perut yang buncit. Obesitas dan perut buncit adalah pencetus beberapa penyakit jantung.

 

Artikel Terkait : Cara Mengetahui Detak Jantung Normal Saat Istirahat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *