Berikut Tanda Kalau Kita Terlalu Banyak Minum Kopi

header niko 728 x 90

minum kopi secara berlebihan

InspirasiBersama.com – Memang benar minum kopi memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh manusia. Hal itu dibenarkan dalam banyak penelitian yang telah dilakukan oleh para pakar. Menurut para ahli, minum kopi yang disarankan adalah tidak boleh melebihi 2-3 cangkir perhari atau sekitar 300mg/hari. Namun jika kita mengkonsumsinya secara berlebihan, maka dampaknya akan buruk bagi kesehatan. Berikut tanda kalau kita terlalu banyak minum kopi :

 

1. Sakit perut
Tanda yang pertama kalau kita minum kopi secara berlebihan adalah akan mengalami sakit perut. Hal ini bisa terjadi karena kandungan kopi yang masuk secara berlebihan dalam lambung akan memicu peningkatan asam lambung yang memicu refluks bahkan nyeri pada perut.

Baca Juga  Bolehkah Melakukan Imunisasi Pada Anak Meskipun Telat

 

2. jantung berdebar
Bagi anda yang merasa detak jantung berdetak lebih cepat saat anda minum kopi, bisa jadi pertanda kalau anda terlalu banyak minum kopi. Apabila terjadi hal yang demikian, maka sangat disarankan untuk menghentikan minum kopi. Hal ini disebabkan karena tubuh terlalu banyak kandungan kafein yang berasal dari kopi.

 

3. Diare
Tanda berikutnya kalau kita terlalu banyak minum kopi adalah menyebabkan diare. Jika anda ternyata mengalami diare setelah mengkonsumsi kopi, maka berhentilah minum kopi karena besar kemungkinan kita mengkonsumsinya dalam jumlah yang banyak atau melebihi 2-3 cangkir perhari.

Baca Juga  Benarkah Dengan Rajin Sikat Gigi Mampu Mencegah Kanker ?

 

4. Tidak bisa tidur
Sering kita mendengar kalau terlalu banyak minum kopi akan menyebabkan kita menjadi sulit untuk tidur. Bahkan menurut Myo Clinic mengatakan bahwa mereka yang mengkonsumsi kopi secara berlebihan akan membuat kita sering terbangun saat tidur malam. Kondisi ini akan sangat mempengaruhi kualitas tidur kita.

 

5. Gelisah
Tahukah kita, efek dari terlalu banyak minum kopi bisa menyebabkan kita menjadi gelisah. Hal ini disebabkan karena kandungan kafein yang tinggi akan mempengaruhi sistem saraf pusat yang berimbas pada kita menjadi gelisah atau waspada.

Baca Juga  Kulit Yang Iritasi Bisa disebabkan Kerena Terlalu Sering Mencuci Muka

 

6. Sakit kepala
Banyak orang yang bilang, minum kopi bisa meringankan kepala yang sedang pusing. Itu adalah benar. Namun jika kita mengkonsumsinya secara berlebihan, maka justru akan membuat rasa sakit pada kepala yang membuat kita tidak nyaman.

Artikel Terkait : Tips Mengatasi Kecanduan Kopi Yang Berlebihan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *