Berikut Tanda Kalau Ginjal Kita Mulai Bermasalah

header niko 728 x 90

kaki bengkak

InspirasiBersama.com – Banyaknya kasus penderita penyakit ginjal belakangan ini membuat kita harus waspada. Untuk mengantisipasinya kita perlu mengetahui tanda kalau ginjal kita mulai bermasalah. Banyak orang yang tak menyadari kalau dirinya ternyata menderita penyakit gagal ginjal kronik. Hal ini dikarenakan sifat dari penyakit yang satu ini bersifat samar.

Yang dikatakan gagal ginjal adalah kondisi ketidakmampuan ginjal dalam melakukan tugasnya yaitu melakukan pembuangan cairan dan zat-zat yang tidak lagi diperlukan oleh tubuh. Kebanyakan dari penyakit gagal ginjal kronik disebabkan karena adanya penyakit lain yang menyertai yaitu diabetes dan tekanan darah tinggi. Kondisi ini membuat urine menjadi tidak normal atau adanya kandungan protein.

Yang terpenting disini adalah kita mengetahui apa tanda-tanda kalau ginjal kita mulai bermasalah. Hal ini sangatlah penting karena untuk bisa mendetekksi secara dini sehingga kita bisa mendapapatkan penanganan yang tepat dan cepat dari dokter.

Baca Juga  Tips Agar Bangun Tidur Terasa Lebih Bahagia

Berikut tanda kalau ginjal kita mulai bermasalah :

– Perubahan pola buang air kecil
Tanda pertama yang bisa kita kenali kalau ginjal kita mulai bermasalah adalah adanya perubahan dalam urin. Urin merupakan hasil ekskresi ginjal yang sangat erat kaitannya dengan kesehatan ginjal seseorang. Jadi kalau terjadi masalah pada ginjal pasti terjadi perubahan pada urine. Hal ini bisa terlihat dengan rutinitas kencing yang sering pada malam hari, urine menjadi lebih berbusa, sering melakukan kencing atau bahkan malah jarang sekali untuk kencing.

– Bengkak
Tanda ke dua seseorang yang mengalami masalah pada ginjal adalah adanya bengkak atau odema pada beberapa bagian tubuh. Hal ini disebabkan karena ginjal tidak mampu membuang banyak cairan dala tubuh yang menyebabkan banyak cairan tersebut menumpuk di dalam tubuh kita. Hal ini mmebuat banyak bagian tubuh kita akan terlihat bengkak atau odema. Bengkak biasanya terjadi pada bagian wajah, kaki, dan tangan.

Baca Juga  Apa Keuntungan Rutin Mengkonsumsi Jus Ubi Jalar ?

– Kelelahan
Apabila anda termasuk orang yang mudah lelah, maka anda boleh mencurigai ada masalah pada ginjal kita. Hal ini disebabkan ginjal mempunyai sebuah fungsi yaitu menghasilkan hormon erythropoetin (EPO) yang berfungsi sebagai pengirim oksigen ke sel darah merah. Kalau produksi hormon EPO ini menurun, maka seseorang akan sering mengalami kelelahan fisik sehingga pasien akan lebih sering terlihat tidur.

– Gatal dan ruam kulit
Tanda ginjal bermasalah berikutnya adalah adanya rasa gatal dan ruam pada kulit. Hal ini disebabkan karena salah satu fungsi ginjal kita juga sebagai pembuang zat sisa hasil metabolisme yang sudah tidak lagi dibutuhkan oleh tubuh. Sat ginjal kita bermasalah, maka proses pembuangan zat-zat tersebut menjadi tidak maksimal sehingga menyebabkan rasa gatal dan ruam pada kulit.

– Napas menjadi berat dan sesak
Seseorang yang mengalami masalah pada ginjal akan mengalami napas yang berat atau sesak. Kondisi ini disebabkan karena ketidak mampuan ginjal untuk mengeluarkan cairan tubuh sehingga banyak cairan yang menumpuk pada tubuh termasuk pada paru-paru. Disamping itu penderita gangguan fungsi ginjal juga akan rentan untuk mengalami anemia.
Itulah tanda kalau ginjal kita mulai bermasalah. Apabila anda merasakan gejala-gejala seperti yang disebutkan diatas, maka sangat disarankan untuk melakukan pemeriksaan ke dokter penyakit dalam terdekat. Deteksi dini penyakit gangguan fungsi ginjal akan menentukan prosentase kesembuhan anda.

Baca Juga  Benarkah Pasien Diabetes Yang Mengkonsumsi Obat Hipertensi Bisa Memicu Serangan Jantung ?

Artikel Terkait : Apa Saja Yang Harus Dilakukan Agar Memiliki Ginjal Yang Sehat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *