Berikut Manfaat Kentang Bagi Kesehatan Si Kecil

header niko 728 x 90

kentang

InspirasiBersama.com – Kentang kita kenal sebagai jenis makanan yang banyak mengandung sumber karbohidrat. Namun tahukah kita kalau dalam kentang terdapat kandungan serat, berbagai macam vitamin dan mineral yang sangat bagus bagi kesehatan terutama bagi si kecil. Ada banyak jenis olahan yang sering kita jumpai pada nak-anak mulai dari stick kentang sampai kentang goreng.

Manfaat kentang bagi kesehatan juga diungkapkan dalam jurnal Advances in Nutrition yang menyatakan bahwa dengan kita mengkomsumsi kentang satu buah dalam sehari, maka sekitar 8% kebutuhan serat tubuh terpenuhi. Selain itu kandungan gizi pada kentang juga membuat kentang bagus untuk dikonsumsi anak-anak yang sedang dalam masa pertumbuhan.

Mengapa kentang sangat bagus bagi anak-anak ? Berdasarkan sebuah hasil penelitian menyebutkan bahwa anak-anak kerap mengalami kekurangan asupan serat dan kalium walaupun sudah mengkonsumsi sayuran. Dengan mengkonsumsi kentang maka bisa meningkatkan asupan serat pada anak.

Baca Juga  Pengguna Kontak Lensa Wajib Melakukan Kebiasaan Ini

Yang di sayangkan ada banyak orang tua yang tidak memahami tentang gizi anak. Apakah anak saya sudah mengkonsumsi cukup gizi dengan makanan yang sehari-hari dia konsumsi ?. Orang tua harus memahami bahwa serat bagi anak sangat bagus bagi kesehatan pencernaan anak. Dengan pencernaan yang sehat maka proses penyerapan nutrisi juga akan berjalan dengan baik. Selain itu kalium juga unsur yang sangat penting bagi pertumbuhan anak terutama untuk kekuatan tulang dan otot.

Para pakar menyarankan pemberian kentang sangat baik bagi anak dengan rentan usia 7-10 tahun. Hal ini dikarenakan kentang mengandung banyak kalori yang sangat bermanfaat bagi anak yang sedang masa pertumbuhan. Selain itu kentang juga menjadi sumber karbohidrat yang sangat bagus.

Baca Juga  Bahaya Junk Food Bagi Kesehatan Ginjal

Selain mengandung karbohidrat, kalori, serat dan kalium, kentang juga mengandung gula namun bersifat alkali yang sangat bagus menstabilkan keasaman dalam tubuh. Selain itu manfaat konsumsi kentang juga membuat pertumbuhan bakteri baik dalam usus menjadi lebih baik.

Bagi anda yang mengalami masalah pada kulit misalnya sel-sel kulit mengalami mati dan terkelupas, maka anda bisa mengkonsumsi jus kentang. Kentang yang di buat jus akan sangat bagus untuk fungsi antiseptik tubuh dan mampu melawan kulit yang mati. Selain itu kentang juga mengandung vitamin C, zat pati dan beberapa enzim yang sangat bagus bagi tubuh.

Untuk itu para pakar sangat menyarankan kepada orang tua untuk membiasakan anaknya makan sayur termasuk kentang. Hal ini sangat penting karena akan mempengaruhi pola makan anak saat dia sudah dewasa. Anak yang sejak kecil terbiasa makan sayuran maka mempunyai tingkat kesehatan yang lebih baik saat dewasa dibandingkan dengan mereka yang tidak terbiasa makan sayur saat masih kecil.

Baca Juga  Beberapa Kesalahan Yang Sering Dilakukan Orang Saat Nge-Gym

Artikel Terkait : Cara Mengatasi Anak Yang Tidak Suka Makan Nasi

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *