Berikut Gejala Penyakit Alzheimer Yang Banyak Orang Tidak Menyadarinya

header niko 728 x 90

InspirasiBersama.com – Sudah tahukah anda apa yang disebut dengan penyakit Alzheimer ? Banyak orang yang menyebutkan penyakit ini sama dengan pikun yang sering terjadi pada usia lanjut. Sering kali kita melihat orang tua yang suka lupa menaruh sesuatu, lupa nama anak dan cucu, lupa alamat rumah dsb. Itulah fenomena yang terjadi pada sebagian besar orang lanjut usia.

 

Penyakit Alzheimer ini tentu sangat berbahaya karena membuat penderitanya lupa. Coba bayangkan jika ada orang tua yang lupa jalan pulang, pastinya mereka akan kesasar dan merepotkan banyak orang. Meskipun tergolong serius, banyak orang yang tidak menyadari akan gejala Alzheimer ini.

gejala-alzheimer

sumber gambar : penyakitalzheimer.com

Berikut ada 4 gejala Alzheimer yang sering kali orang tidak sadar :

Baca Juga  Kenali Beberapa Makanan Yang Berkhasiat Membuat Kulit Awet Mudah

Sangat percaya diri
Ciri pertama seseorang yang menderita Alzheimer adalah meningkatnya rasa percaya diri. Seseorang yang mengalami gejala Alzheimer kerap kali meningkat rasa kepercayaan dirinya. Misalnya saja mereka menjadi berani pergi ke swalayan sendirian, berani interaksi dengan orang yang belum dikenal dan mampu bersikap akrab dengan orang baru.

Masalah dalam berbahasa
Gejala kedua seseorang yang menderita Alzheimer adalah terdapat masalah dalam bahasa. Seseorang yang mengalami gejala Alzheimer akan mengalami penurunan kemampuan dalam berbahasa seperti perkataan yang terputus-putus, bicara sangat lambat, kata-kata yang digunakan kurang pas dll.

Baca Juga  Apa Pentingnya Minum Susu Bagi Orang Dewasa Muda

Sulit menulis
Bagi orang tua yang mengalami Alzheimer akan mengalami gejala yaitu sulit untuk menulis. Banyak orang menganggap hal ini sebagai hal yang wajar terjadi pada usia lanjut, padahal ini bisa menjadi gejala Alzheimer. Mereka akan mengalami kesulitan untuk menulis kata yang sederhana misalnya saja hanya untuk tanda tangan.

Baca Juga : Olahraga Adalah Cara Mudah Mengatasi Sering Lupa

Sulit membaca
Bagi seseorang yang mengalami gejala Alzheimer bukan hanya mengalami masalah dalam bahasa saja, namun mereka juga akan mengalami kesulitan untuk membaca. Memang hal ini bisa dipengaruhi oleh kemampuan mata yang menurun, namun bukan itu penyebabnya. Apalagi jika disuruh membaca dalam sebuah paragraf, mereka pasti akan merasa kesulitan.

Baca Juga  Bagaimana Cara Mencegah Agar Mata Tidak Mudah Kering ?

Alzheimer merupakan gangguan memori otak yang disebabkan karena adanya banyak plak amiloid. Plak inilah yang membuat banyak fungsi otak menjadi terhambat. Tergantung dimana plak tersebut akan menempel, kalau pada bagian kemampuan bahasa maka akan menyebabkan penderita mengalami penurunan kemampuan bahasa.

Artikel Terkait : 3 Kebiasaan Yang Bisa Mencegah Alzheimer

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *